Bentara Muda

Komunitas Bentara Muda dibentuk oleh Bentara Budaya Jakarta pada tanggal 8 Agustus 2011, dengan maksud mendekatkan dan melibatkan generasi muda pada peristiwa budaya terutama budaya tradisional Indonesia. Anggotanya terdiri dari para mahasiswa perguruan tinggi di Jakarta yang memiliki minat dan ketertarikan pada seni dan budaya Indonesia.

Bentara Muda, senafas dan segaris dengan Bentara Budaya dalam agenda kegiatannya. Bekerja dengan memilih, memaknai, dan memanggungkan kebudayaan dan seni pinggiran dalam rangka memupuk identitas keindonesiaan yang plural. Bedanya, Bentara Muda mengambil porsi keindonesiaan lewat kaca orang muda: terus ingin tahu, dan show your real action!

Kegiatan rutin yang dilakukan :

  1. Latihan Tari Nusantara
  2. Latihan Karawitan

Hasil dari latihan rutin yang dilakukan adalah sudah mampunya rekan-rekan Bentara Muda yang tergabung dalam kelompok ini, mementaskan kebolehan mereka di beberapa event seperti event internal Kompas Gramedia dan event di beberapa Kampus.

Beberapa kegiatan pelatihan/workshop yang dilakukan untuk memperkaya pengetahuan dan ketrampilan Bentara Muda dengan menghadirkan narasumber yang ahli di bidangnya, antara lain;

  1. Workshop Fotografi bersama Arbain Rambey
  2. Workshop Pop Art bersama Komunitas Wedha’s Pop Art
  3. Workshop Penulisan Cerita Perjalanan bersama Elok Dyah Messwati
  4. Perjalanan Budaya ke Perkampungan Baduy
  5. Diskusi dan Putar Film di UIN bersama sutradara Joko Anwar
  6. Tim Building Bentara Muda


Komunitas Tjroeng

Komunitas Tjroeng dibentuk oleh Bentara Budaya Jakarta sekitar bulan September 2012, bekerja sama dengan kelompok keroncong Batavia Mood pimpinan Agustinus Dwiharso atau yang beken dipanggil mas Ages.

Setiap Senin dua minggu sekali, komunitas ini berkegiatan di BBJ. Tidak berharap menggelar pementasan yang apik, namun justru mengajak audience untuk sama-sama belajar mengenal, mencintai dan mau ber-keroncong. Entah hanya sekedar sebagai pendengar, mencoba bernyanyi keroncong atau bahkan mencoba memainkan alat musiknya. Teman-teman Batavia Mood akan dengan senang hati memberi kesempatan bagi yang mau belajar.

Beberapa kali didatangkan pula pemusik atau penyanyi sebagai salah satu penyemangat kegiatan komunitas, antara lain Edo Kondologit, Diana Sastra, Berto (pemain Sasando), Happy Pretty (peniup Terompet) dll.