Yuk, Nonton Pameran Seni Artis India

Pameran seni grafis karya Jayanta Naskar di Bentara Budaya Jakarta, 4-13 November 2016 (Foto:twitter/bentarabudaya)

Budaya / Sabtu, 12 November 2016 10:39 WIB (MP/man)


MerahPutih - Budaya Bingung mau mencari hiburan pada akhir pekan? Bosen pergi ke mall atau bioskop? Nah, mengapa tidak mencoba melihat yang satu ini. Nonton pameran seni lukis.

Selama sepekan lebih Bentara Budaya Jakarta menggelar pameran seni grafis karya Jayanta Naskar. Seniman asal India ini akan memajang 65 karyanya dari tanggal 4 hingga 13 November 2016 di Bentara Budaya Jakarta.

Saat ini Jayanta Naskar sebagai Assistant Professor, Department of Graphics-Printmaking Rabindra Bharati University, Kolkata, India. Ia adalah pemenang Kompetisi Internasional Trienale Seni Grafis Indonesia V 2015 melalui karyanya yang berjudul "Reinvention of Myself" yang menggunakan teknik etsadan intaglio (teknik cetak dalam).

Kesempatan menggelar pameran tunggal ini merupakan salah satu hadiah yang diterimanya. Setelah di Jakarta, karya-karyanya akan dipamerkan di Yogyakarta, Solo dan Bali.

Jayanta Naskar lahir di Batanagor, India pada 4 Agustus 1975. Aktif berpameran, baik tunggal maupun bersama di negaranya dan di luar negeri. Antara lain pameran internasional Lessedra World Art Print Annual di Bulgaria, 2 nd Penang International Print Exhibitiona di Malaysia, Thailand dan India.

Karya-karya Kajayan berbicara banyak tentang masalah-masalah sosial di negaranya. Ia menjelaskan, untuk menghasilkan satu karya, kadang dibutuhkan waktu lama, sampai beberapa bulan. Hal itu, karena setiap karyanya adalah hasil perenungan mendalam, hasil pergulatan batin dalam dirinya. (mw)

(MP/man)

Sumber: MerahPutih