Rekaman Jepang dari Masa ke Masa

PAMERAN FOTO

Duta Besar untuk Indonesia Tanizaki Yasuaki dalam pembukaan pameran foto
bertajuk Metamorphosis of Japan after the War di Bentara Budaya
Jakarta, Selasa (17/5). (HARIAN NASIONAL | BAYU INDRA)

Rabu, 18 Mei 2016 07:54 WIB

KEDUTAAN Besar Jepang di Indonesia mengadakan pameran foto bertajuk Metamorphosis of Japan after the War. Pameran yang dibuka oleh Duta Besar Jepang untuk Indonesia Tanizaki Yasuaki itu di Bentara Budaya Jakarta, Selasa (17/5). Pameran akan berlangsung selama enam hari, 17-26 Mei 2016.
 
"Ada 15 foto yang bikin berkesan. Foto-foto ini dari sepuluh tahun terakhir dari kejadian itu (Perang Dunia II). Foto yang diambil merupakan foto yang menggambarkan kekacauan," kata Tanizaki dalam sambutannya.
 
Lebih dari sepuluh karya fotografer dihadirkan kembali atas seleksi dari dua fotografer Jepang sebagai kurator yaitu Tsuguo Tada dan Marc Feustel. Tanizaki juga mengatakan foto-foto tersebut merupakan bentuk kekuatan Jepang yang dapat bangun kembali dari keterpurukan setelah mengalami perang. Ia menyebutkan, ada foto yang menceritakan kondisi tahun 1955 hingga sepuluh tahun kemudian dengan dinamika kehidupan masyarakat Jepang.
 
"Foto-foto ini juga merekam perkembangan perekonomian Jepang. Selain perekonomian, juga ada hal lain tentang kemajuan yang ada di Jepang. Sekarang, Anda juga bebas visa kalau ke Jepang," kata Tanizaki.
 
Koordinator Seksi Kebudayaan Japan Foundation Yui Rieko menyatakan, pameran foto kali ini merupakan bagian dari pameran keliling dunia. Setelah Indonesia, pameran yang sama akan digelar di Thailand. "Sebenarnya di Indonesia sudah bagian dari tahap akhir pameran. Pameran ini sudah hampir tiga tahun berjalan dari satu negara ke negara lain. Japan Foundation sebagai penyelenggara didukung langsung Kedutaan Besar Jepang," kata Rieko kepada HARIAN NASIONAL.
 
Foto hitam putih mendominasi ruang pamer. Ada sebuah foto yang menggambarkan matahari. Foto ini karya fotografer Hiroshi Hamaya dengan tajuk The Sun on the day of defeat, Takada Niigata 1945.
 
Yang menarik lain, terdapat foto anak laki-laki yang sedang menghisap lintingan tembakau atau ganja. Duduk berdua dengan teman sebayanya di sebuah pinggiran jalan dengan baju compang-camping dan muka penuh debu. Foto itu diambil oleh fotografer Tadahiko Hayashi (1918-1990) dengan diberi tajuk Orphaned street children smoking, Veno, Tokyo 1946.

Reportase : Denisa Tristianty
Editor : Admin