Pengumuman Pemenang Triennial Seni Grafis Indonesia VI - 2018

Kompetisi Internasional Bentara Budaya

Bentara Budaya menggelar Kompetisi Internasional Triennial Seni Grafis Indonesia VI. Perhelatan yang ditujukan demi mendukung dan membantu perkembangan seni grafis ini diikuti oleh 317 karya dari 166 pegrafis asal 26 negara. Sebagai puncaknya, akan diselenggarakan pameran 30 finalis serta malam penghargaan bagi para pemenang pada Rabu, 24 April 2019 pukul 19.30 WIB di Bentara Budaya Jakarta, Jl. Palmerah Selatan No. 17 Jakarta.

Negara asal peserta tersebut antara lain Argentina, Australia, Banglades, Nepal, Bosnia, Brazil, Bulgaria, China, Colombia, Mesir, Perancis, India, Indonesia, Italia, Jepang, Moldova, Filipina, Polandia, Thailand, Korea Selatan, Amerika Serikat, Turki, Serbia, Kroasia, Singapura, dan Kanada. 

Seluruh karya telah diseleksi secara ketat oleh para dewan juri, yakni Ipong Purnama Sidhi (ketua dewan juri dan kurator Bentara Budaya), Dwi Marianto (penulis buku dan dosen ISI Yogyakarta), Edi Sunaryo (Perupa dan Dosen ISI Yogyakarta), Devy Ferdianto (Pegrafis dan Kepala Divisi Seni Cetak Ganara), dan Theresia Agustina Sitompul (Perupa, Pegiat Studio Grafis Minggiran Yogyakarta dan Dosen ISI Surakarta).

Direktur Program Bentara Budaya, Frans Sartono, menyebutkan bahwa Triennial Seni Grafis Indonesia merupakan bentuk komitmen Bentara Budaya untuk mendukung perkembangan seni grafis di Indonesia. 

“Digelar sejak 2003, pada perhelatan kelima tahun 2015 dan berlanjut yang keenam tahun ini, Triennial Seni Grafis Indonesia melibatkan peserta internasional. Hal ini dimaksud untuk memicu dan memacu antusiasme pada seni grafis Indonesia, baik bagi para pelaku maupun publik pemerhati seni grafis pada umumnya,“ ujarnya.

Penyelenggaraan Kompetisi Triennial Seni Grafis Indonesia VI ini didukung pula oleh Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas. Selain kompetisi serta pameran karya Finalis dan pemenang, Triennial Seni Grafis kali ini juga akan dipadukan dengan workshop seni grafis, gambar bareng bersama komunitas Indonesia’s Sketchers dan Bogor Sketchers, kelas kokoru bagi siswa-siswi sekolah dasar. Seluruhnya dilaksanakan untuk memberikan pengetahuan dan pengalaman seni kepada masyarakat umum.