Pengumuman Lomba Cipta Lagu Anak Dendang Kencana 2017



Sebagai rangkaian dari program Dendang Kencana tahun ini, Kompas Gramedia menyelenggarakan Lomba Cipta Lagu Anak se-Indonesia yang periode pendaftarannya ditutup pada 18 Juli 2017. Lomba yang ditujukan bagi para guru sekolah formal berbagai jenjang pendidikan ini dimaksudkan untuk menggali potensi penciptaan lagu yang sesuai bagi tumbuh-kembang anak serta dapat diterapkan dalam dunia edukasi kita. 

Sebelumnya, tahapan workshop cipta lagu anak telah diselenggarakan di 5 kota, antara lain Jakarta, Solo, Yogyakarta, Denpasar, dan Surabaya, diikuti oleh lebih dari 200 guru dan menciptakan lebih dari 40 lagu anak baru. Para pemateri workshop antara lain Dian HP (komposer dan musisi) dan Caecilia Hardiarini (dosen musik di Universitas Negeri Jakarta). 

Dalam lomba cipta lagu anak ini, para peserta diharapkan dalam membuat komposisi lagu yang tidak hanya elok didengar, melainkan juga memiliki nilai lirik yang mendidik. Lebih lanjut, sejumlah 20 pemenang dipilih dalam kategori Lagu TK dan Lagu SD, yang masing-masing berhak atas hadiah Rp. 10.000.000 dan karyanya didaftarkan hak ciptanya secara resmi. 

Pada 20-21 Juli 2017, sejumlah 669 karya lagu kategori TK dan SD yang diseleksi oleh Dewan Juri, yakni Dian HP (komposer dan musisi), Caecilia Hardiarini (dosen musik di Universitas Negeri Jakarta) serta Frans Sartono (Direktur Program Bentara Budaya). Proses penjurian berlangsung secara intens dengan mendengarkan rekaman audio serta membahas notasi lagu dari masing-masing peserta.  Kriteria Penilaian meliputi keharmonisan tema lagu, lirik, struktur lagu dan melodi.   Tahapan dilakukan dengan menyeleksi 40 nominasi lagu terlebih dahulu yang kemudian dilanjutkan dengan memilih 10 lagu untuk tiap kategori. 
 

Berdasarkan Berita Acara nomor No.: 01/PLDK/BA/VII/17 tertanggal 21 Juli 2017 berikut ini merupakan Karya-karya Pilihan Kategori TK Lomba Cipta Lagu Anak Dendang Kencana 2017:

1. Indonesiaku ciptaan Hapsari Satya Lestari
2. Pagiku ciptaan Richardus Ari Irawan, Hasto Yuliasih Utomo, I Putu Adi Septa Suweca Putra, Amung Wiweko, M.Pd., Rr. Nina Setya Silawati. S.Sn., Malatu Budi C, S.Pd., Nurina Ayuningtyas, dan Maria Ari Ratrianti 
3. Aku Anak Mandiri ciptaan Sri Wahyuni R. S.Pd
4. Kanan dan Kiri ciptaan Dwi Fany Indah Oktafiani
5. Terima Kasih Ayah Ibu ciptaan Hastuti, S.Pd, MM., Triana Agustin, Anita Arisanti Siahaan, Servasius Retta
6. Sepatuku ciptaan Tris Palupiningtyas
7. Wortel dan Bayam ciptaan Anung Dwi Rahayu, M. Tri Candra Kusumaningtyas, Trian Muntafiah, F.Jarot Siswanto, Kristanti, S.Pd, Ling ling
8. Bersepeda ciptaan Lisda Dwika L. P., Golda Azalia Saputra., Anita Indraningsih, S.Pd.I., Nur Fitrah Hidayat
9. Kerlip Bintang ciptaan Utamaningsih, S.Pd
10. Tirukan Gerak Hewan ciptaan Muhammad Radityo

Adapun berdasarkan Berita Acara nomor No.: 02/PLDK/BA/VII/17 tertanggal 21 Juli 2017 berikut ialah Karya-karya Pilihan Kategori SD Lomba Cipta Lagu Anak Dendang Kencana 2017:

1. Aku Cinta Indonesia ciptaan Dwi Suryanto, S.Pd, M.M.Pd, Isdi Nurjantara, S.Pd., Novie Eviany, dan Lia Ristiyana Damanik S.Sn.
2. Ayo Hemat ciptaan Cahyaning Mentari, Monica Titik Suryanti, Bayu Nerviadi C., Nugroho Eko Nurcahyo S. Sn., dan Aditya Candra Wisesa
3. Tubuhku Sehat ciptaan Christina Suparti, Chatarina Nita Chandra Puspita, Endang Werdiningsih, dan Fortunata Tyasrinestu 
4. Yuk Kita Makan ciptaan Yuni Astutik, S.Pd, C. Tri Pudyastuti, S.Pd, Dewi Monica S., S.Pd, Rita Setyaningsih, M.Pd, dan Dedi Priyono, SE.
5. Danau ciptaan Agustinus Kusni Hartono
6. Wahai Guru ciptaan Heidy Claudia, Nikodemus Suharsa  
7. Hai Lebah ciptaan M. Nafi' Ur Rofi', S.Pd
8. Aku Bisa ciptaan Avianto Hendrasmoro
9. Bersyukur ciptaan Fahrul Rizal
10. Aku Suka Membaca ciptaan Yudhi Ekaputra Kurniawan

Selamat kepada para pemenang. Mari dukung lagu anak Indonesia….