Ode Bentara 2019

Festival Paduan Suara Anak Indonesia

Salam Ode Bentara,
 
Ode Bentara merupakan program tahunan Bentara Budaya yang diniatkan sebagai perayaan kebersamaan lewat nyanyian. Diselenggarakan sejak 2015 secara serentak di 4 kota, yaitu Jakarta, Yogyakarta, Solo, dan Bali, kegiatan ini selalu menghadirkan penampilan terpilih dari Paduan Suara Mahasiswa (PSM) yang sarat prestasi. Lagu-lagu yang dibawakan bisa saja patriotik dan diwarnai suasana kegembiraan seraya juga di di dalamnya terkandung pengharapan bagi Indonesia yang damai, rukun, indah, dan sentosa.
 
Bila hingga edisinya yang keempat di tahun 2018 kegiatan digelar dalam bentuk parade paduan suara mahasiswa, kini pada 2019 Ode Bentara dikembangkan menjadi kompetisi paduan suara bagi para pelajar seluruh Indonesia mulai dari taman kanak-kanak hingga perguruan tinggi. Setiap peserta akan menunjukan kebolehannya dalam olah paduan suara sesuai kategori jenjang pendidikannya masing-masing, ditambah pula kategori Lagu Daerah Nusantara dan kategori pop-jazz bagi kelompok mahasiswa. Seluruhnya dikemas dalam bentuk festival yang semoga kian mempererat kebersamaan kita. Ode Bentara 2019 akan hadir di Yogyakarta pada 3 - 5 Oktober 2019.
 
Perhelatan Ode Bentara ini juga seiring sejalan dengan Dendang Kencana, program kepedulian Kompas Gramedia terhadap apresiasi lagu-lagu anak Indonesia. Dendang Kencana memiliki 20 lagu anak pilihan karya para guru dari berbagai wilayah Indonesia yang CD albumnya resmi diluncurkan pada 2 Mei 2018 dan dikirimkan ke TK maupun SD se-Indonesia. Lagu-lagu ini pun dialihwahanakan ke dalam bentuk-bentuk kreasi lain, di antaranya tayangan animasi di kanal youtube Dendang Kencana atas dukungan Universitas Multimedia Nusantara serta penerbitan serial cerita anak yang bekerjasama dengan Penerbit Bhuana Ilmu Populer. Adapun dalam Ode Bentara ini, lagu-lagu anak Dendang Kencana ini juga menjadi materi pilihan bagi peserta kategori TK dan SD.
 
Bentara Budaya mengucapkan terima kasih kepada berbagai pihak yang telah membantu kegiatan ini, di antaranya Universitas Sanata Dharma dengan dukungan lokasi kegiatan. Melalui Festival Paduan Suara Ode Bentara, kita bersama-sama membagikan pesan kecintaan serta kebanggaan atas kekayaan budaya negeri ini melalui lantunan lagu dan nada. 

Untuk ketentuan lomba dan formulir pendaftaran dapat diunduh melalui link berikut :