DENDANG KENCANA

Unduh formulir pendaftaran


DENDANG KENCANA, menilik arti katanya Dendang yang berarti nyanyian riang dan  Kencana yang berarti emas, AT Mahmud, sang pemberi nama Dendang Kencana, bermaksud menyampaikan pesan bahwa ungkapan perasaan yang jujur, senang dan gembira dimiliki oleh anak-anak yang bersuara emas, melalui nyanyian.    Nama ini dijadikan nama program yang dijalankan oleh Kompas Gramedia pada tahun 1990 hingga 1996.


  Dendang Kencana awal mulanya digagas oleh Penerbit Grasindo yang pada saat itu menerbitkan buku kumpulan lagu karya almarhum AT Mahmud, Daljono dan Ibu Sud. Untuk menyebarluaskan lagu anak-anak karya para pendidik, maka diadakanlah lomba paduan suara   tingkat TK dan SD.  Dalam perkembangannya kegiatan ini kemudian menjadi program kegiatan Kompas Gramedia yang diperuntukkan bagi guru dan siswa TK – SD.  

       Saat itu animo sekolah yang berpartisipasi cukup banyak, bahkan event ini menjadi satu kerinduan bagi pihak sekolah untuk berlomba mengikuti kompetisi tersebut. Pada penyelenggaraan Dendang Kencana IV, kegiatan dilengkapi dengan workshop musik dan vokal untuk guru TK dan SD sebagai bekal saat mereka melatih kelompok paduan suara di sekolahnya.   Dendang Kencana bukan semata sebagai ajang lomba namun juga memberikan pengetahuan mendasar bagaimana cara bernyanyi yang baik,  cara beradaptasi dengan teman satu kelompok, menahan emosi untuk tidak mendominasi suara, dan bagaimana sama-sama belajar menjadikan suara harmoni.

“Paduan Suara juga merupakan sarana pendidikan. Banyak unsur positif bisa dipetik dari kegiatan paduan suara, terutama pendidikan pribadi sebagai anggota sosial yang diwujudkan dalam kelompok itu. Itu sebabnya, berbagai keberhasilan yang diraih oleh paduan suara, umumnya mencerminkan rasa tanggungjawab bersama dan disiplin yang mereka lakukan. Apalagi dalam paduan suara, amat diperlukan ketepatan dan ketetapan, baik dalam kehadiran saat berlatih, maupun pada saat akan tampil di depan umum“.  - Sambutan Jakob Oetama, pendiri Kompas Gramedia,  26 Agustus 1996.

Setelah 21 tahun Dendang Kencana tidak bergaung, tahun 2017 kegiatan ini diselenggarakan kembali dengan rangkaian kegiatan yang lebih lengkap. Diawali dengan Workshop Cipta Lagu Anak,  Lomba Cipta Lagu Anak, Workshop Musik dan Vokal serta Lomba Paduan Suara Anak, yang akan diselenggarakan di empat kota Bentara Budaya yaitu Jakarta, Yogyakarta, Solo dan Bali.

Kegiatan dirangkai sedemikian rupa dengan maksud memberikan bekal kepada para tenaga pendidik untuk dapat mencipta lagu dengan baik,  lomba cipta lagu dapat menghasilkan lagu anak-anak yang sesuai dengan tumbuh kembang anak, melalui workshop musik dan vokal para pendidik mendapatkan bekal dasar mengajar bernyanyi yang benar. Sehingga pada akhir rangkaian kegiatan ini diharapkan anak-anak dapat dengan gembira hati menyuarakan suara emasnya, mengungkapkan perasaan dan ekspresinya, serta menceritakan dunianya lewat lagu karya para guru tercinta melalui DENDANG KENCANA.


WORKSHOP CIPTA LAGU ANAK

Workshop khusus diperuntukan bagi Guru/Tenaga Pendidik di TK – SD, tetapi tidak menutup kemungkinan bagi guru SMP maupun SMA.

Peserta akan dibekali dengan teknik dasar musik, syair, komposisi musik serta diajak untuk mencoba langsung menciptakan lagu anak.

Bersama narasumber  :  DIAN HP  (Komposer, Penata Musik & Produser Musik) dan CAECILIA HARDIARINI (Pengajar Musik Universitas Negeri Jakarta)


Waktu & Tempat Penyelenggaraan  :

JAKARTA

25 – 26 April 2017 pukul 08.00 – 21.00 WIB

Bentara Budaya Jakarta Jl. Palmerah Selatan no. 17 Jakarta Pusat 

SOLO

5 – 6 Mei 2017 pukul 08.00 – 21.00 WIB

Bentara Budaya Balai Soedjatmoko Solo, Jl Slamet Riyadi No 284 Surakarta Jawa Tengah

YOGYAKARTA

8 – 9 Mei 2017 pukul 08.00 – 21.00 WIB

Santika Hotel Premiere Yogyakarta Jl. Jend. Sudirman no. 19 Cokrodiningrat Yogyakarta

BALI

15 – 16 Mei 2017 pukul 08.00 – 21.00 WIB

Bentara Budaya Bali Jl. Profesor Ida Bagus Mantra no 88a Ketewel Gianyar Bali


Syarat Peserta

1. Guru Kesenian / Tenaga Pengajar PAUD / TK / SD / SMP / SMA (guru aktif)

2. Mengisi Formulir Pendaftaran yang dapat diunduh di website www.bentarabudaya.com


Biaya & Pendaftaran

1. Biaya Pendaftaran Rp.100.000,- / orang ditransfer ke rekening BCA atas nama Yayasan Bentara Rakyat 0123007163

2. Formulir Pendafaran & Bukti transfer dikirimkan selambatnya tanggal 3 Mei 2017 (Solo), 6 Mei 2017 (Jogjakarta), 12 Mei 2017 (Bali) melalui email :

Jakarta   : purnamarisa@gmail.com

Solo        : balaisoedjatmoko@yahoo.co.id

Yogyakarta  : bentarabudayayk@gmail.com

Bali       : bentarabudayabali@hotmail.com


Informasi Lebih Lanjut

- Bentara Budaya Jakarta :  0858 8756 3334

- Balai Soedjatmoko Solo :  (0271) 741990

- Bentara Budaya Yogyakarta :  (0274) 560404

- Bentara Budaya Bali         :  0852 3825 2751