VIGNET & SKETS

Pameran Ilustrasi Sastra

Rabu, 23 Januari 2019 Bentara Budaya Yogyakarta | pukul 19.00 WIB


Tanggal 23-31 Januari 2019 
Pembukaan Pameran: Rabu, 23 Januari 2019  pukul 19.00 WIB

Vignet merupakan goresan untuk mengisi ruang kosong yg ada dalam media. Vignet berasal dari kata Prancis vignette yang berarti batang anggur. Seni ini sering kita jumpai pada majalah atau buletin, kadang untuk melukiskan inti dari sebuah tulisan. Di Indonesia, seni ini sangat populer di era 70 - an sampai dengan 90-an. Seiring dengan munculnya era digital, maka vignet jarang kita temui.
Vignet yang dipamerkan kebanyakan dari jurnal Prisma, majalah Basis, buletin Citra Yogya, majalah Horison, majalah Konfrontasi 
Beberapa seniman yang sering mengisi vignet antara lain Jeihan, T Sutanto, dan Usman Effendi.

agenda acara bulan ini
  • Jazz Mben Senen

    Jazz MbenSenen telah menjadi tempat berkumpulnya seluruh lapisan masyarakat Indonesia dan mancanegara dari berbagai latar belakang dan asal. Dasar kebebasan untuk membawa kebudayaan masing-masing hingga berproses bersama dalam sebuah ragam seni yang tercipta setiap hari Senin malam di pelataran Bentara Budaya Yogyakarta telah secara spontan membentuk JazzMbenSenen sebagai sebuah tradisi yang menyenangkan.

  • MEMEDI SAWAH

    Perupa Hari Budiono akan memamerkan sepilihan karya terbarunya dalam pameran bertajuk “Memedi Sawah“ di Bentara Budaya Yogyakarta pada 23 – 30 Maret 2019. Sejumlah 10 karya lukis berikut sebuah instalasi dihadirkan dan masing-masing mencoba merespon situasi terkini di negeri ini.