TANDA MATA III & IV

Pameran Galeri Sisi

3 Des 2018 ~ 3 Feb 2019 Bentara Budaya Jakarta I 10.00 - 16.00 WIB

Galeri Sisi
Pameran Koleksi Bentara Budaya: Tanda Mata III dan IV
3 Desember 2018 – 3 Februari 2019 pukul 10.00-16.00 WIB
Hari Sabtu, Minggu dan Libur Nasional pameran tutup

Pameran koleksi Bentara Budaya di Galeri SISI kali ini menghadirkan untuk ketiga kalinya karya-karya perupa yang pernah berpameran di Bentara Budaya Yogyakarta, bertajuk TANDA MATA.

Sejak 36 tahun yang lalu Bentara Budaya melangkah mengabdi pada jalan seni.  Bentara Budaya yang pada awal berdirinya karena saat itu ada kebutuhan mendesak akan kantong seni di Yogyakarta. Perupa amat banyak tetapi wadah-wadah seni penampungnya masih terbilang sedikit. Melihat kenyataan itu, Sindhunata (saat itu masih wartawan Kompas) menyampaikan situasi tersebut kepada pimpinan Kompas, Jakob Oetama. Beliau merespon dengan cepat. Kebetulan ada sebuah gedung yang belum dimanfaatkan oleh toko buku Gramedia dan dalam waktu singkat terbentuklah lembaga kebudayaan Kompas Gramedia yang siap berkiprah dengan nama  Bentara Budaya.

Bentara Budaya sangat berterimakasih kepada para seniman yang telah mewarnai dan menghidupi Bentara Budaya. Tak terbilang acara pameran yang bernafaskan seni dilaksanakan di 4 venue Bentara Budaya. Selama 36 tahun sudah mengawal dan melestarikan seni budaya yang berawal di Bentara Budaya Yogyakarta dan seturut masa itu Bentara Budaya juga telah banyak menerima ucapan terimakasih dari para seniman berupa tanda mata karya perupa yang berpameran.  Jumlahnya hampir mencapai 500 karya.

Galeri SISI Bentara Budaya Jakarta dengan senang hati berbagi pandangan mata dengan memamerkan sebagian kecil karya-karya yang pernah dipamerkan dalam pameran TANDA MATA di Bentara Budaya Yogyakarta. Karya-karya ini disuguhkan dalam dua periode pameran yaitu TANDA MATA III sepanjang kurun Desember  2018 – Januari 2019, menampilkan karya Kadafi, I Made Mahendra Toris, I Wayan Wirawan, Fibri Andriyanto, Entang Wiharso, Jumaldi Alfi, I Nengah Sujena, Sang Made Alit Setiawan, Aris Prabowo, Teguh Payn, Budiyana, Andi Firmanto, Bonny Setiawan, I Komang Gede Tedja Mulya, Yusron Mudakhir, serta Erica Hestu Wahyuni. 

Dalam periode kedua, dihadirkan TANDA MATA IV selama Januari - Februari 2019; menampilkan karya Slamet Riyanto, Pracoyo, I Nengah Wirakesuma, Tisna, Arif Eko Saputro, Gunawan, Y. Eka Suprihadi, Acep Zamzam Noor, Wiwik Sri Wulandari, Yulis Armita, Daru Sukamto, Agus Heru Prasetyo, Bambang Kusdirgonugroho, Agung Hanafi, Dadang Imawan, Wahyu Dwi J, I Made Arya Dwita, Zamrud SN, Ay Tjoe Christin, Kurniasari, Agus Yulianto, Meilina Mirasari, dan Putu Winasa. 

agenda acara bulan ini
  • MUDA BERBUDAYA

    Di penghujung tahun 2018 ini, Bentara Budaya Jakarta akan menggelar pertunjukan “Muda Berbudaya“ yang menampilkan karya seni dari berbagai macam kegiatan Bentara Muda Jakarta.

    Mengangkat tema “Muda Berbudaya“, komunitas Bentara Muda ingin menampilkan karya seni mereka yang berakar pada kebudayaan nusantara. Semangatnya adalah kolaborasi berbagai bidang seni yang selama ini digeluti oleh Bentara Muda, meliputi tari, karawitan, paduan suara dan seni rupa.