SESILIRAN

Musik Kamisan oleh Johanes Kristianto

Kamis, 24 Januari 2019 Bentara Budaya Jakarta I 19.30 WIB

Musik Kamisan di tahun 2019, program berkala dari Bentara Budaya Jakarta yang mengapresiasi berbagai langgam musikal, diawali dengan pementasan dari gitaris muda Johanes Kristianto.

Kali ini dia akan menampilkan pertunjukan dengan tajuk “Sesiliran“ yang mengacu dari kata “Silir“ dan bermakna sejuk. Seluruh lagu merupakan buah aransemennya dengan instrumen gitar klasik dan dirangkum dalam album yang berjudul sama, yakni “Sesiliran“. 

Johanes menuturkan bahwa musik garapannya ini lebih dilandasi semangat untuk kembali mendekatkan musik gitar klasik kepada khalayak. Menurutnya, selama ini jumlah repertoir gitar klasik tidak terlampau banyak dibandingkan langgam-langgam musikal lainnya. 

Pertunjukannya di Bentara Budaya Jakarta ini akan didukung oleh beberapa kawan musisi lainnya seperti Saryanto (pemain kendang dan Dosen Universitas Negeri Jakarta), Kuartet Gitar 4.13 Jakarta (ansamble gitar), Nadya Abror (pemain cello), hingga kelompok fok-akustik SAPAMALAM. Kolaborasi tari akan ditampilkan oleh Oka Balthazar dan Anita Karlina. 

Johanes Kristianto, kelahiran 1993 di Jakarta. Lulusan Pascasarjana ISI Yogyakarta ini telah beberapa kali menampilkan kebolehkannya sebagai penampil, arranger, dan komposer untuk gitar. Pengalaman estetis dan wawasan akademis yang didapat menjadi bekal utama dalam berkarya. Masuk dalam dunia akademik membuatnya semakin percaya diri untuk membuat album ini. Ia juga sempat mengikuti masterclass dari gitaris klasik dunia, Gabriel Bianco (Perancis). Bekal aransemen dan komposisinya di dapat melalui RM. Aditya, Hery Budiawan, Royke Koapaha, dan Slamet Abdul Sjukur. Dia telah melakukan pentas di berbagai lokasi, dan khusus untuk album Sesiliran, Johanes Kristianto telah tampil di Tangerang, Solo, Yogyakarta, Tulungagung, dan Serang.