SATU BABAK

Pentas Teater

Kamis, 13 Februari 2020 Bentara Budaya Yogyakarta | 19.00 WIB

Satu Babak merupakan program baru Bentara Budaya Yogya, program ini berupa penawaran presentasi karya naskah drama yang sedang dikerjakan teman – teman teater atau kelompok drama yang ada. Presentasi ini bisa berupa penampilan adegan dari naskah tersebut, tidak harus secara keseluruhan dari naskah yang ada, bisa juga berupa dramatic reading dari naskah yang akan dipentaskan. Selain presentasi naskah drama akan dilanjutkan dengan diskusi yang bisa menjadi catatan buat teman – teman teater yang sedang presentasi.

Dengan kegiatan satu babak ini kelompok akan mengetahui perkembangan dari pencapaian aktor – aktor mereka selama ini sebelum menuju pementasan yang sesungguhnya, hal lain dari kegiatan ini menjadi ruang diskusi bagi kelompok – kelompok teater yang ada, selain mendiskusikan presentasi yang ada, satu babak membuka kesempatan buat mendiskusikan persoalan yang dialami teater pada umumnya. Kegiatan Satu Babak direncanakan setiap tiga bulan sekali, jeda waktu ini memberi kesempatan bagi kelompok untuk mempersiapkan diri.

Untuk kali pertama akan tampil kelompok Hidup Institut dari Yogyakarta, akan menampilkan monolog yang berjudul Ya Ya Pariyem Saya. Maria Magdalena Pariyem Lengkapnya. “Iyem“ Panggilan Sehari –harinya. Judul ini merupakan tafsir dari prosa liris Pengakuan Pariyem karya Linus Suryadi yang sangat populer di era 80 –an. Prosa liris yang mengundang perhatian banyak orang ini akan dihadirkan dalam bentuk monolog oleh teman – teman Hidup Institut.