RAYAKAN WARNA BERSAMA SINEMA

Workshop Festival Film Merdeka

4 Agt 2019 ~ 7 Agt 2019 Balai Soedjatmoko Solo | pukul 14.00 WIB

Kerjasama Bentara Budaya Solo & Kembang Gula


Mentor Workshop
- Ninndi Raras (Naskah)
- Bani Nasution (Penyutradaraan)
- Yogi Fuad (Editing)


Film adalah medium penyampai pesan hasil dari cipta rasa dan karsa manusia dalam memaknai arti kehidupan di masa lalu, masa kini, dan masa depan. Film adalah salah satu bentuk ekspresi seni yang berkolaborasi dengan ilmu komunikasi, teknologi, dan bidang yang lain. Oleh sebab itu film merupakan hasil dari produk budaya populer, yang akan dan terus berkembang dalam menciptakan ide-ide kreatif. 

Film memiliki peran penting dalam instrumen pendidikan, kemanusiaan, kebudayaan, dokumentasi yang sarat akan edutainment sehingga dapat dipertontonkan secara masal. Film sebagai salah satu produk budaya populer mampu memberikan dampak dan pengaruh tersendiri terhadap kehidupan bermasyarakat. Hal ini menjadikan film sebagai manuver untuk mengajak masyarakat berfikir kritis dalam tindakannya menyikapi sebuah fenomena.

Menyikapi sebuah fenomena dengan cara merespon kedalam sebuah karya, menjadikan karya tersebut memiliki sebuah nilai. Kedekatan pembuat film dengan narasi yang diceritakan memberikannya nilai khusus, sebab peran pembuat film adalah juga subjek yang secara langsung mengalami kejadian. Hadirnya Festival Film Merdeka 2019 ingin turut mendorong masyarakat untuk merespon permasalahan melalui sebuah karya. Dengan membawa semangat lokalitas dan keberagaman, Festival Film Merdeka hadir memberi edukasi melalui film. Ditengah masyarakat yang mulai krisis akan perdamaian dan toleransi, film dapat menjadi sarana hiburan yang reflektif dalam menyikapi sebuah permasalahan. 

Salah satu kegiatan Festival Film Merdeka 2019 adalah memberi pelatihan dalam memproduksi film. Melibatkan pemuda-pemudi kampung dan komunitas film untuk berkolaborasi. Workshop Festival Film Merdeka 2019 dengan tagline “Rayakan Warna Bersama Sinema“ adalah bagian dari wujud keberagaman masyarakat yang nantinya akan tercermin dalam film-film yang akan diproduksi oleh para pemuda.

agenda acara bulan ini
  • Orkes Keroncong Bali Nada

    Orkes yang pernah masuk dalam lima besar kategori kelompok keroncong terbaik di Kota Solo ini, lebih mengedepankan permainan keroncong dengan format asli. Pemilihan penggarapan dengan melestarikan lagu sesuai versi aslinya ini telah menjadi komitmen bersama para personel Bali Nada.

  • IMAJINARIUM

    Imajinarium, adalah ruang atau tempat yang terjadi sebagai hasil dari manifestasi pikiran dan perasaan seseorang. Imajinarium, sebuah sebutan kelompok yang digunakan sebagai ruang untuk berimajinasi demi mewujudkan karya-karya yang dianggap musikal maupun non-musikal.

  • CILPAA Creativity, Innovative, Learn, Productive of Art in Ability

    Teknologi memiliki peran penting dalam menunjang kemajuan di dunia pendidikan. Hal ini bisa dibuktikan dengan banyaknya negara yang berlomba-lomba menciptakan sebuah teknologi untuk mempermudah kehidupan manusia terutama pada bidang pendidikan. Teknologi yang sering mengalami pembaruan dari masa ke masa salah satunya adalah teknologi digital. Peran teknologi digital dalam dunia pendidikan sangat berpengaruh khususnya dalam aktivitas belajar.