Plein Air Painting Exhibition

ON THE WAY

Sabtu, 03 November 2018 Bentara Budaya Yogyakarta | pukul 19.30 WIB

Pembukaan pameran: Sabtu, 3 November 2018 pukul 19.30 WIB
Pameran Berlangsung : Tanggal 4 – 10 November 2018

On The Way merupakan pameran lukisan plein air yang diselenggarakan oleh kelompok plein air painting Arbi Putra, Adi Ardiyansyah, Ramadhyan Putri Pertiwi dan Bagus Sadewa. Kegiatan plein air telah dilakukan rutin selama dua tahun yang dilakukan baik secara bersama-sama ataupun sendiri-sendiri. Pameran On The Way merupakan pameran kedua setelah pameran sebelumnya diadakan pada September 2017. Pada pameran kali ini tim plein air juga mengundang Bayu Adi Pujo Asmoro untuk ikut serta bersama-sama meramaikan pameran dengan karya-karya on the spot nya. Pameran ini ditulis oleh Laksmi Shitaresmi dan Santos. 

Plein Air Painting berarti melukis di luar studio, secara langsung (on the spot)  menghadap objek (Landscape) yang akan dilukis. Plein air painting menambah kepekaan dalam melihat warna-warna, cahaya serta komposisi. Banyak ilmu yang bisa didapatkan seperti bagaimana melukis cepat pada sore hari sebelum langit menjadi gelap serta bagaimana teknik yang tepat dalam melukis keramaian.  

On the way dijadikan sebagai judul pameran plein air painting karena kalimat tersebut sangat sering diucapkan ketika para anggota plein air painting akan berkumpul untuk melakukan suatu perjalanan menuju spot melukis. Makna on the way berhubungan dengan kegiatan melukis di luar studio yakni di ‘jalan’. Di ‘jalan’ tersebut terdapat berbagai objek menarik yang sangat bagus untuk diabadikan melalui lukisan. Di ‘jalan’ itu juga anggota plein air mendapatkan ilmu dan melatih diri sendiri untuk bisa menghasilkan karya yang berkualitas secara visual. Kuliah ‘di jalan’ tersebut adalah bekal yang sangat penting bagi masing-masing anggota plein air untuk dapat melanjutkan plein air di tempat-tempat lain yang mungkin lebih jauh dari yang biasa dilakukan saat ini.

agenda acara bulan ini
  • Jazz Mben Senen

    Seperti disebutkan dalam akun Jazz Mben Senen yang menyebutkan bahwa “Jazz Mben Senen“ adalah suatu kegiatan yang berfungsi sebagai sarana apresiasi para pecinta kesenian, untuk berkesenian, bercanda, dan berkomunikasi ala jazz, di Bentara Budaya Yogyakarta, Jalan Suroto No. 2, Kotabaru, membuat sebuah kesenian yang indah. Rasanya, bagi mereka pecinta jazz, “ora ngejazz ora mbois“.

  • RUPA DI BALIK SENI RUPA

    Gatra Puruhita hadir kembali. Dalam edisi #19 ini akan berbicara tentang seni rupa dan bagian-bagian yang penting di wilayah seni rupa.

  • VIGNET & SKETS

    Vignet merupakan goresan untuk mengisi ruang kosong yg ada dalam media. Vignet berasal dari kata Prancis vignette yang berarti batang anggur. Seni ini sering kita jumpai pada majalah atau buletin, kadang untuk melukiskan inti dari sebuah tulisan. Di Indonesia, seni ini sangat populer di era 70 - an sampai dengan 90-an. Seiring dengan munculnya era digital, maka vignet jarang kita temui.