Plein Air Painting Exhibition

ON THE WAY

Sabtu, 03 November 2018 Bentara Budaya Yogyakarta | pukul 19.30 WIB

Pembukaan pameran: Sabtu, 3 November 2018 pukul 19.30 WIB
Pameran Berlangsung : Tanggal 4 – 10 November 2018

On The Way merupakan pameran lukisan plein air yang diselenggarakan oleh kelompok plein air painting Arbi Putra, Adi Ardiyansyah, Ramadhyan Putri Pertiwi dan Bagus Sadewa. Kegiatan plein air telah dilakukan rutin selama dua tahun yang dilakukan baik secara bersama-sama ataupun sendiri-sendiri. Pameran On The Way merupakan pameran kedua setelah pameran sebelumnya diadakan pada September 2017. Pada pameran kali ini tim plein air juga mengundang Bayu Adi Pujo Asmoro untuk ikut serta bersama-sama meramaikan pameran dengan karya-karya on the spot nya. Pameran ini ditulis oleh Laksmi Shitaresmi dan Santos. 

Plein Air Painting berarti melukis di luar studio, secara langsung (on the spot)  menghadap objek (Landscape) yang akan dilukis. Plein air painting menambah kepekaan dalam melihat warna-warna, cahaya serta komposisi. Banyak ilmu yang bisa didapatkan seperti bagaimana melukis cepat pada sore hari sebelum langit menjadi gelap serta bagaimana teknik yang tepat dalam melukis keramaian.  

On the way dijadikan sebagai judul pameran plein air painting karena kalimat tersebut sangat sering diucapkan ketika para anggota plein air painting akan berkumpul untuk melakukan suatu perjalanan menuju spot melukis. Makna on the way berhubungan dengan kegiatan melukis di luar studio yakni di ‘jalan’. Di ‘jalan’ tersebut terdapat berbagai objek menarik yang sangat bagus untuk diabadikan melalui lukisan. Di ‘jalan’ itu juga anggota plein air mendapatkan ilmu dan melatih diri sendiri untuk bisa menghasilkan karya yang berkualitas secara visual. Kuliah ‘di jalan’ tersebut adalah bekal yang sangat penting bagi masing-masing anggota plein air untuk dapat melanjutkan plein air di tempat-tempat lain yang mungkin lebih jauh dari yang biasa dilakukan saat ini.

agenda acara bulan ini
  • Jazz Mben Senen

    Jazz Mben Senen hadir rutin di pelataran Bentara Budaya Yogyakarta dan menjadi tempat berkumpul anak-anak muda Yogya setiap Senin malam. Santai dan merakyat, itulah gambaran teman-teman muda dalam menikmati music jazz. Lesehan di tikar tidak menjadi soal bila kursi sudah penuh terisi teman-teman mereka.

  • Panggung Kesenian

    SPOER adalah komunitas musik jalanan yang bermarkas di Taman Giwangan Asri B3 Kotagede, Yogyakarta. Untuk menandai ulang tahunnya yang kedua puluh, mereka hendak mengumpulkan kembali para anggotanya yang aktif maupun yang sudah tidak aktif dengan berkesenian dan bersilaturahmi. Acara kesenian digelar di panggung terbuka Bentara Budaya Yogyakarta untuk mengekspresikan bakat dan talenta para anggotanya.

  • Pameran Foto Dies Natalis Universitas Sanata Dharma Yogyakarta ke – 63

    Sebagai Universitas yang memiliki motto “Cerdas dan Humanis,“ Universitas Sanata Dharma Yogyakarta mengangkat tema Pengembangan Ekonomi Berkelanjutan di Era Revolusi Industri 4.0 pada Dies Natalisnya yang ke-63. Universitas Sanata Dharma hendak lebih menunjukkan bahwa revolusi industri telah dijalani oleh masyarakat dalam kegiatan sehari-hari, salah satunya melalui lomba dan pameran foto. Penggunaan media fotografi untuk mendokumentasikan hal tersebut dipilih karena fotografi termasuk media yang sangat popular di era digital ini.