Pameran Fotografi

WORLD PRESS PHOTO

Rabu, 05 September 2018 Bentara Budaya Jakarta | 19.30 WIB

Bekerjasama dengan Pusat Kebudayaan Belanda (Erasmus Huis)
Pembukaan : Rabu, 5 September 2018 pukul 19.30 WIB
Pameran Berlangsung : 6 – 26 September 2018 pukul 10.00 – 18.00 WIB

Erasmus Huis Jakarta berkerjasama dengan Bentara Budaya Jakarta menyelenggarakan Pameran Fotografi bertajuk “World Press Photo“ yang menampilkan karya dari para fotografer seluruh dunia yang terpilih sebagai pemenang kompetisi The 2018 World Press Photo Contest. Ada sejumlah 42 fotografer dari 22 negara yang dipamerkan, antara lain Australia, Bangladesh, Belgium, Canada, China, Colombia, Denmark, Egypt, France, Germany, Ireland, Italy, Norway, Russia, Serbia, South Africa, Spain, Sweden, The Netherlands, UK, USA and Venezuela. Dari seluruh nomine ini, 15 di antaranya telah memenangkan World Press Photo tahun-tahun sebelumnya dan 27 lainnya mendapatkan apresiasi dalam kompetisi ini untuk pertama kalinya. 

World Press Photo memang kompetisi fotografi jurnalistik yang bergengsi. Tahun ini terdapat 4.548 fotografer yang mengirimkan karyanya, dan jumlah gambar yang diterima panitia mencapai 73.044 dari 125 negara. Para juri yang terdiri dari pegiat jurnalisme foto professional dan diketuai oleh Magdalena Herrera telah melangsungkan seleksinya di Amsterdam sehingga terpilih pemenang dari 8 kategori yang dilombakan. 

Karya foto yang memenangkan kompetisi ini direncanakan dipamerkan di 100 lokasi berbeda di 45 negara serta dipublikasikan dalam sebuah buku multi-bahasa. Adapun pameran World Press Photo yang pertama untuk tahun ini telah berlangsung di De Nieuwe Kerk, Amsterdam pada 14 April 2018 lalu. 

Kompetisi World Press Photo diselenggarakan oleh The World Press Photo Foundation yang memiliki misi menghubungkan dunia melalui serangkaian cerita yang terkandung dalam karya fotografi. Lembaga ini dibentuk pada 1955 oleh para fotografer Belanda dan secara berkala menyelenggarakan kompetisi sebagai upaya meluaskan karya fotografi bagi audiens internasional yang menautkan para fotografer professional dengan khalayak umum lewat foto jurnalistik dan tuturan kisahan (storytelling) yang terpercaya. World Press Photo berbasis di Amsterdam, Belanda dan mendapatkan dukungan dari Dutch Postcode Lottery serta sponsor mancanegara oleh Canon. 

agenda acara bulan ini
  • Beranda Sastra #13

    Dua pengarang muda, Ziggy dan Nur Janti, akan membahas karya serta kiprah dua pengarang perempuan dari angkatan terdahulu, yakni Tan Lam Nio (alias Dahlia) serta Maria Ulfa. Program ini bekerjasama dengan Komunitas Ruang Perempuan dan Tulisan, yang tahun ini menyelenggarakan program riset atas sosok, karangan serta peran 10 penulis perempuan yang namanya telah meredup atau bahkan tidak dikenal lagi oleh publik era kini.