Pameran Fotografi

WORLD PRESS PHOTO

Rabu, 05 September 2018 Bentara Budaya Jakarta | 19.30 WIB

Bekerjasama dengan Pusat Kebudayaan Belanda (Erasmus Huis)
Pembukaan : Rabu, 5 September 2018 pukul 19.30 WIB
Pameran Berlangsung : 6 – 26 September 2018 pukul 10.00 – 18.00 WIB

Erasmus Huis Jakarta berkerjasama dengan Bentara Budaya Jakarta menyelenggarakan Pameran Fotografi bertajuk “World Press Photo“ yang menampilkan karya dari para fotografer seluruh dunia yang terpilih sebagai pemenang kompetisi The 2018 World Press Photo Contest. Ada sejumlah 42 fotografer dari 22 negara yang dipamerkan, antara lain Australia, Bangladesh, Belgium, Canada, China, Colombia, Denmark, Egypt, France, Germany, Ireland, Italy, Norway, Russia, Serbia, South Africa, Spain, Sweden, The Netherlands, UK, USA and Venezuela. Dari seluruh nomine ini, 15 di antaranya telah memenangkan World Press Photo tahun-tahun sebelumnya dan 27 lainnya mendapatkan apresiasi dalam kompetisi ini untuk pertama kalinya. 

World Press Photo memang kompetisi fotografi jurnalistik yang bergengsi. Tahun ini terdapat 4.548 fotografer yang mengirimkan karyanya, dan jumlah gambar yang diterima panitia mencapai 73.044 dari 125 negara. Para juri yang terdiri dari pegiat jurnalisme foto professional dan diketuai oleh Magdalena Herrera telah melangsungkan seleksinya di Amsterdam sehingga terpilih pemenang dari 8 kategori yang dilombakan. 

Karya foto yang memenangkan kompetisi ini direncanakan dipamerkan di 100 lokasi berbeda di 45 negara serta dipublikasikan dalam sebuah buku multi-bahasa. Adapun pameran World Press Photo yang pertama untuk tahun ini telah berlangsung di De Nieuwe Kerk, Amsterdam pada 14 April 2018 lalu. 

Kompetisi World Press Photo diselenggarakan oleh The World Press Photo Foundation yang memiliki misi menghubungkan dunia melalui serangkaian cerita yang terkandung dalam karya fotografi. Lembaga ini dibentuk pada 1955 oleh para fotografer Belanda dan secara berkala menyelenggarakan kompetisi sebagai upaya meluaskan karya fotografi bagi audiens internasional yang menautkan para fotografer professional dengan khalayak umum lewat foto jurnalistik dan tuturan kisahan (storytelling) yang terpercaya. World Press Photo berbasis di Amsterdam, Belanda dan mendapatkan dukungan dari Dutch Postcode Lottery serta sponsor mancanegara oleh Canon. 

agenda acara bulan ini
  • TANDA MATA III & IV

    Pameran koleksi Bentara Budaya di Galeri SISI kali ini menghadirkan untuk ketiga kalinya karya-karya perupa yang pernah berpameran di Bentara Budaya Yogyakarta, bertajuk TANDA MATA.

    Galeri SISI Bentara Budaya Jakarta dengan senang hati berbagi pandangan mata dengan memamerkan sebagian kecil karya-karya yang pernah dipamerkan dalam pameran TANDA MATA di Bentara Budaya Yogyakarta.

    Dalam periode kedua, dihadirkan TANDA MATA IV, menampilkan karya Slamet Riyanto, Pracoyo, I Nengah Wirakesuma, Tisna, Arif Eko Saputro, Gunawan, Y. Eka Suprihadi, Acep Zamzam Noor, Wiwik Sri Wulandari, Yulis Armita, Daru Sukamto, Agus Heru Prasetyo, Bambang Kusdirgonugroho, Agung Hanafi, Dadang Imawan, Wahyu Dwi J, I Made Arya Dwita, Zamrud SN, Ay Tjoe Christin, Kurniasari, Agus Yulianto, Meilina Mirasari, dan Putu Winasa.

  • SULAWESI PA’RASANGANTA

    Bentara Budaya bekerjasama dengan pelukis dan perupa dari Sulawesi Selatan menggelar pameran karya seni lukis yang bertajuk Sulawesi Pa’rasanganta pada tanggal 10 Januari 2019 hingga 19 Januari 2019. Pameran ini diikuti oleh 24 pelukis dan akan memamerkan 28 karya lukis dan 2 karya instalasi.

    Mengambil tajuk “Sulawesi Pa’rasanganta“ yang bermakna kampung halaman, pameran ini akan menampilkan karya lukisan dalam berbagai aliran gaya lukis yang berbeda tetapi tetap berakar pada kearifan lokal Sulawesi Selatan.

  • SESILIRAN

    Musik Kamisan di tahun 2019, program berkala dari Bentara Budaya Jakarta yang mengapresiasi berbagai langgam musikal, diawali dengan pementasan dari gitaris muda Johanes Kristianto.

    Kali ini dia akan menampilkan pertunjukan dengan tajuk “Sesiliran“ yang mengacu dari kata “Silir“ dan bermakna sejuk. Seluruh lagu merupakan buah aransemennya dengan instrumen gitar klasik dan dirangkum dalam album yang berjudul sama, yakni “Sesiliran“.

  • SURPRISE #12 KRIYA BERKELANJUTAN

    Bentara Budaya Jakarta bekerjasama dengan Forum Komunikasi Mahasiswa Kriya Indonesia (FKMKI) dan Jurusan Kriya Seni Institut Kesenian Jakarta menyelenggarakan pameran Surprise #12.

    Surprise #12 merupakan seri keduabelas dari agenda tahunan FKMKI yang telah diselenggarakan di berbagai lokasi di Indonesia. Masing-masing pameran mengangkat kreasi kriya dari para perupa muda yang masih bergiat di insitusi kesenian dan selalu dihadirkan dengan konsep dan tematik yang berbeda-beda. Adapun kali ini di Bentara Budaya Jakarta pameran mengambil tajuk “Kriya Berkelanjutan.“