Pameran Foto Jelajah Terumbu Karang

“Laut Kita, Ibu Kita“

Senin, 26 Maret 2018 19.30 WIB | Bentara Budaya Yogyakarta

Pembukaan Pameran: Senin 26 Maret 2018 | Pukul 19.30 WIB
Pameran berlangsung:27 Maret – 1 April   2018 | Jam buka 09.00 – 21.00 WIB

Selama akhir Juli hingga akhir Oktober 2017, Harian Kompas melakukan peliputan khusus Jelajah Terumbu Karang di delapan lokasi yaitu Jailolo, Teluk Cenderawasih, Komodo, Selat Lembeh, Wakatobi, Raja Ampat, Selayar, dan Bali. Liputan tersebut telah dituangkan dalam laporan jurnalistik berseri setiap hari Rabu mulai 8 November hingga 27 Desember 2017. 

Dalam penjelajahan di delapan lokasi itu, Harian Kompas menemukan berbagai keindahan surga bawah laut dan membuat Indonesia layak disebut sebagai pusat segitiga terumbu karang dunia, dengan banyak misteri yang juga masih banyak tersimpan. Akan tetapi, cenderung hanya sebagian masyarakat yang memiliki kepedulian dan kearifan lokal dalam menjaga lautnya dari kerusakan akibat bom maupun penangkapan ikan tak ramah lingkungan lain.

Di sisi lain, ini dilakukan untuk menjawab kebutuhan serta harapan pembaca agar Kompas berperan lebih dengan menyuguhkan keindahan bawah laut. Dengan tujuan agar dapat memberikan penyadaran bagi masyarakat, Harian Kompas dan Bentara Budaya menyelenggarakan Eksibisi Jelajah Terumbu Karang bertema Laut Kita, Ibu Kita yang telah digelar di Bentara Budaya Jakarta 21 – 25 Januari 2018 dan   24 - 31 Maret  2018 di Bentara Budaya Yogyakarta

agenda acara bulan ini
  • Pameran Seni Rupa Kelompok Satu Atap

    Pameran Instink menampilkan potret tingkah polah manusia dalam serangkaian upaya menyusun kuasa pun para korban sesama manusia. Kritik satire dimunculkan dalam serangkaian simbolisasi manusia, binatang, dan ekspresi-ekspresi personal sebagai ungkapan pembacaan fenomena.