Pameran dan Pengumuman Pemenang Kompetisi Internasional Triennial Seni Grafis VI Bentara Budaya

Rabu, 24 April 2019 Bentara Budaya Jakarta | 19.30 WIB

Pengumuman Pemenang dan Peresmian Pameran  : Rabu, 24 April 2019 pukul 19.30 WIB
Pameran Berlangsung : 25 April – 5 Mei 2019 pukul 10.00 – 18.00 WIB
*Hari Libur Nasional pameran tutup

Rangkaian Kegiatan :

Workshop Seni Grafis bersama Pemenang Triennial Seni Grafis VI
Kamis, 25 April 2019 pukul 14.00 – 17.00 WIB

Kelas Sketsa bersama Komunitas Sketcher Jakarta
Sabtu, 27 April 2019 pukul 10.00 WIB – selesai

Kelas Kokoru bersama APP Sinarmas
(peserta 100 anak SD se-DKI Jakarta)
Selasa, 30 April 2019

Gelaran Kompetisi Internasional Triennial Seni Grafis VI Bentara Budaya akan mencapai puncaknya pada bulan April 2019. Triennial Seni Grafis adalah kompetisi karya grafis 3 tahunan yang rutin digelar oleh Bentara Budaya. 

Trienal Seni Grafis Indonesia yang digagas oleh Bentara Budaya sejak tahun 2003 mengemban misi utama untuk mendukung dan membantu perkembangan Seni Grafis Indonesia. Harapannya,  kompetisi ini memicu perkembangan kualitas karya para pegrafis di Indonesia, serta memperlebar cakrawala apresiasi para penikmat seni di tanah air secara berkesinambungan.

Sejak Trienal Seni Grafis Indonesia V – 2015 jangkauan event ini diperluas, menjadi kompetisi internasional; bertujuan membangkitkan daya saing dan kualitas para pegrafis Indonesia agar mau dan mampu berkiprah di ranah internasional seni grafis; seraya berpartisipasi aktif mewarnai dan mendinamisasi keberagaman Seni Grafis Dunia.

Selain itu, agar penyelenggaraan kompetisi memenuhi standar internasional, event ini mengusung kembalinya proses berkarya grafis dan norma konvensional Seni Grafis, yang mencakup ketaatan teknis pada empat teknik cetak dasar seni Grafis, yaitu: Cetak Tinggi; Cetak Dalam; Cetak Datar; Cetak saring. Proses penciptaan dilakukan secara  analog (non-digital), memiliki orisinalitas dan otentitas estetik.

Sejumlah 307 karya grafis dari 166 peserta yang berasal 26 negara turun dalam Triennial Seni Grafis VI-2018. Peserta tersebut antara lain berasal dari Argentina, Australia, Banglades, Nepal, Bosnia, Brazil, Bulgaria, China, Colombia, Mesir, Perancis, India, Indonesia, Italia, Jepang, Moldova, Filipina, Polandia, Thailand, Korea Selatan, Amerika Serikat, Turki, Serbia, Kroasia, Singapura, dan Kanada.

Seluruh karya ini diseleksi secara ketat oleh para Dewan Juri, yakni Ipong Purnama Sidhi (ketua dewan juri dan kurator Bentara Budaya), Dwi Marianto (penulis buku dan dosen ISI Yogyakarta), Edi Sunaryo (Perupa dan Dosen ISI Yogyakarta), Devy Ferdianto (Pegrafis dan Kepala Divisi Seni Cetak Ganara), dan Theresia Agustina Sitompul (Perupa, Pegiat Studio Grafis Minggiran Yogyakarta dan Dosen ISI Surakarta).

Proses penjurian dilakukan dalam 3 tahap, diawali dengan seleksi 50 Semi-finalis dilanjutkan pemilihan 30 finalis, serta penentuan para pemenang yang diumumkan pada peresmian Pameran Triennial Seni Grafis VI – 2018, Rabu, 24 April 2019 di Bentara Budaya Jakarta.

Adapun pameran ini akan menampilkan karya dari 30 Finalis Triennial Seni Grafis VI-2018. Demi mengenalkan dan mendekatkan ekspresi karya seni grafis kepada khalayak, pameran dipadukan dengan workshop seni grafis, kelas sketsa, kelas kokoru juga dilaksanakan untuk memberikan pengetahuan dan pengalaman seni kepada masyarakat umum.