Orkes Keroncong Mekar Arum

Keroncong Bale

Jumat, 22 Maret 2019 Balai Soedjatmoko Solo | pukul 19.30 WIB

Bermula dari kegemaran nongkrong bersama  di wedangan, atau warga solo menyebutnya HIK (Hidangan Istimewa Kampung), sekumpulan anak muda ini akhirnya membentuk orkes Keroncong Mekar Arum. 
Di sebuah kampung daerah Mutihan acap kali terdengar lantunan musik sederhana yang terdiri dari gitar dan cuk, seiring berjalannya waktu kegemaran yang intens tersebut menimbulkan  inisiatif berpikir, bagaimana caranya agar bisa membentuk grup musik yang lebih berkualitas dan tidak hanya gadon saja.
Diajaklah para pengurus kampong seperti ketua RT dan RW yang selanjutnya menjadi nara hubung ke warga rencana pembentukan grup orkes keroncong dan ternyata gayungpun bersambut, warga dapat menerima dengan baik. 

Tak hanya cukup disitu saja, dukungan baik juga didapat dari pihak kelurahan. Tepat 9 September 2009 diresmikanlah kesenian musik berupa Orkes Keroncong Mekar Arum. 
OK Mekar Arum sendiri beralamatkan di rt 02 dan rw 10  kampung Mutihan kelurahan Sondakan. Mekar Arum merupakan sebuah harapan yang dulunya music gadon yang serba ala kadarnya, sekarang mekar dan berkembang hingga membentuk sebuah grup keroncong yang mempunyai tujuan turut mengharumkan kesenian musik keroncong, baik di kota Surakarta, maupun perkembangan music keroncong di Indonesia. 
Mekar Arum Sendiri merupakan aset dari warga Mutihan dan kelurahan Sondakan. Selama ini Mekar Arum sudah turut meramaikan beberapa panggung di kota Solo seperti Joglo Sriwedari, TATV, Radio Metta, Radio Slenk, Napak Budaya Samanhoedi, dan pesta warga dalam berbagai hajatan. Mekar Arum pun mempunyai struktur kepengurusan yang baik. Diketuai oleh pak Joko Mono, dipimpinan oleh pak Ratno. Sedangkan rombongan pemusiknya sendiri terdiri dari :

Larno (Bass), Pithut (Celo), Santoso (Cak), Ary (Cuk), Heru (Biola), Kecik (Flute), Giono ( Melodi). Diperkuat lagi oleh beberapa penyanyinya, ada Sari, Ellyzabeth, Unik, Etty Iswara, Cinta, Giyarto, Suparto dan Basuki. Penasaran dengan penampilan Orkes Keroncong Mekar Arum ? Saksikan tentunya esok di Keroncong Bale.

agenda acara bulan ini
  • WELAS ASIH

    Dalai Lama dalam khutbahnya: “Agama apa pun yang bisa membuat Anda Lebih welas asih, lebih berpikiran sehat, lebih objektif dan adil, lebih menyayangi, lebih manusiawi, lebih punya rasa tanggungjawab, lebih beretika, agama yang punya kualitas seperti yang saya sebut adalah agama terbaik,"

  • #INDONESIA

    Beberapa tahun ini dengan berkembangnya sosial media sebagai alat komunikasi yang efektif dan mendunia dalam menyampaikan aspirasi, ide, opini, dan sebagainya, semakin banyak hal positif yang muncul terutama dalam memudahkan relasi antar personal tanpa terpisah jarak dan waktu.