Orkes Keroncong KKMS

Keroncong Bale

Jumat, 13 Desember 2019 Balai Soedjatmoko Solo | pukul 19.30 WIB

Keroncong Bale
Orkes Keroncong KKMS (Komunitas Keroncong Muda Surakarta)
Surakarta
Jumat, 13 Desember 2019 | Pukul 19.30 WIB


KKMS berawal dari keresahan serta euforia kaum muda yang berdomisili di kota Surakarta untuk tetap mempertahankan budaya keroncong. Dengan niat dan tekad yang bulat dan ambisi nguri-uri keroncong terbentuklah  Komunitas Keroncong Muda Surakarta pada 18 Januari 2019.  

Menurut KKMS, keroncong merupakan salah satu budaya yang diturunkan kepada generasi muda oleh para pendahulu. Dan bagi mereka, keroncong merupakan suatu budaya yang harus tetap dilestarikan, ditengah keaneka ragaman budaya yang ada saat ini. 
 
KKMS sebagai komunitas keroncong yang dipunggawai oleh kaum muda yang berdomisili di Surakarta terdiri dari beberapa grup orkes keroncong anak muda. Terdiri dari  25 hingga 30-an orang. Memiliki tujuan serta harapan, yakni menjadi wadah bagi insan muda untuk tetap belajar bersama memahami dan melestarikan budaya keroncong. Penampilan perdana KKMS bulan Agustus lalu di Balai Kota Surakarta. Mari saksikan bersama semangat para pemuda ini di Keroncong Bale. 

agenda acara bulan ini
  • SERAT WIRA ISWARA-GANDRUNG ASMARA

    Serat Wira Iswara adalah termasuk karya besar ISKS Pakoeboewono IX. Sesuai dengan namanya Wira, wara, warah, yang artinya ajaran, petuah; Iswara artinya raja. Jadi Wira Iswara adalah ajaran atau petuah yang disampaikan oleh raja, dan karena isinya maka serat ini dapat digolongkan sebagai karya sastra tutur atau sastra ajar. Serat Wira Iswara adalah merupakan kompilasi dari berbagai karya beliau, di antaranya Serat Gandrung Asmara, Serat Gandrung Turidha, Serat Wulang Rajaputra, Serat Wulang Putri, dsb.

  • ALTIN GUN

    Altin Gün (yang merupakan singkatan dari Golden Morning) kini telah merilis dua (2) album dan beberapa single. Pada 2017 album debut On dirilis, diikuti oleh single Goca Dunya. Album baru, Gece, dirilis pada April 2019. Di Eropa ini dirilis melalui Glitterbeat Records dan di AS dan Kanada melalui ATO Records. Single pertama adalah single Süpürgesi Yoncadan.