Ode Bulan Agustus #4

MENERABAS CAKRAWALA

Kamis, 30 Agustus 2018 Bentara Budaya Jakarta | 19.00 WIB

Ode Bulan Agustus adalah semacam “tujuhbelasan“ ala Bentara Budaya. Tajuk Ode dimaknai sebagai nyanyian pujian, penghormatan, dan rasa syukur kepada Tanah Air Tercinta sebagai bentuk anugerah dari Yang Maha Kuasa. Ode Bulan Agustus bukan kompetisi ataupun lomba tapi semacam parade atau gelar paduan suara; sebuah perayaan kebersamaan lewat nyanyian.  Lagu-lagu yang ditampilkan bisa patriotik dan kegembiraan yang di dalamnya terkandung pengharapan bagi Indonesia yang damai, rukun, indah, dan sentosa. 

Program ini dilangsungkan setiap tahunnya sejak 2015 dan menampilkan kelompok paduan suara mahasiswa dari berbagai universitas di Jakarta dan sekitarnya. Khusus dalam Ode Bulan Agustus #4 tahun ini, sejumlah 7 PSM akan membawakan sepilihan repertoir yang menggambarkan bukan hanya kekayaan budaya daerah di berbagai penjuru nusantara melainkan juga langgam lagu Indonesia kontemporer yang bertemakan kecintaan Tanah Air dan kebhinnekaan.

Tujuh PSM ini hadir dengan konsep mini konser. Lagu-lagu yang mereka bawakan dijalin dalam tematik Keindonesiaan yang lebih utuh dan mencoba merangkum nyanyian Nusantara yang beragam itu. Kelompok-kelompok yang tampil antara lain: Bentara Muda Choir, PSM Universitas Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, Paragita Universitas Indonesia, Gita Advayatva Universitas Pembangunan Nasional ‘Veteran’ Jakarta, Ultima Sonora Universitas Multimedia Nusantara, Gita Tirtayasa Universitas Sultan Ageng Tirtayasa- Banten, dan Trilogi Choir Universitas Trilogi.

agenda acara bulan ini
  • TANDA MATA III & IV

    Pameran koleksi Bentara Budaya di Galeri SISI kali ini menghadirkan untuk ketiga kalinya karya-karya perupa yang pernah berpameran di Bentara Budaya Yogyakarta, bertajuk TANDA MATA.

    Galeri SISI Bentara Budaya Jakarta dengan senang hati berbagi pandangan mata dengan memamerkan sebagian kecil karya-karya yang pernah dipamerkan dalam pameran TANDA MATA di Bentara Budaya Yogyakarta.

    Dalam periode kedua, dihadirkan TANDA MATA IV, menampilkan karya Slamet Riyanto, Pracoyo, I Nengah Wirakesuma, Tisna, Arif Eko Saputro, Gunawan, Y. Eka Suprihadi, Acep Zamzam Noor, Wiwik Sri Wulandari, Yulis Armita, Daru Sukamto, Agus Heru Prasetyo, Bambang Kusdirgonugroho, Agung Hanafi, Dadang Imawan, Wahyu Dwi J, I Made Arya Dwita, Zamrud SN, Ay Tjoe Christin, Kurniasari, Agus Yulianto, Meilina Mirasari, dan Putu Winasa.

  • MUDA BERBUDAYA

    Di penghujung tahun 2018 ini, Bentara Budaya Jakarta akan menggelar pertunjukan “Muda Berbudaya“ yang menampilkan karya seni dari berbagai macam kegiatan Bentara Muda Jakarta.

    Mengangkat tema “Muda Berbudaya“, komunitas Bentara Muda ingin menampilkan karya seni mereka yang berakar pada kebudayaan nusantara. Semangatnya adalah kolaborasi berbagai bidang seni yang selama ini digeluti oleh Bentara Muda, meliputi tari, karawitan, paduan suara dan seni rupa.