MENGENANG 20 TAHUN HB JASSIN : Sang Paus Sastra Indonesia

Beranda Sastra #17

Kamis, 12 Maret 2020 Bentara Budaya Jakarta | 15.00 WIB

Narasumber :
Eka Budianta (Penulis)
Sunu W (Dosen FIB UI)

Moderator :
M. Hilmi Faiq (Kompas)

Di Bentara Budaya Jakarta
Jalan Palmerah Selatan no.17 Jakarta Pusat

Gratis & Terbuka untuk umum

Beranda Sastra hadir kembali di bulan Maret 2020. Kali ini, Bentara Budaya Jakarta bekerjasama dengan Pusat Dokumentasi Sastra HB. Jassin menghadirkan diskusi menarik dalam rangka memperingati hari meninggalnya HB Jassin, sang Paus Sastra Indonesia. Diskusi ini menghadirkan narasumber Eka Budianta (penulis) dan Sunu W (dosen FIB UI) yang akan mengulas tentang peranan HB Jassin dalam dunia sastra di Indonesia. Bertindak sebagai moderator adalah M. Hilmi Faiq.

Hans Bague Jassin, lahir di Gorontalo, 13 Juli 1917. Beliau menekuni dunia sastra ketika ditunjuk sebagai redaktur dalam Badan Penerbitan Balai Pustaka.  Sejak saat itu pula, beliau mulai berkarir sebagai kritikus sastra dan penulis non-fiksi dalam berbagai majalah budaya dan sastra di Indonesia. 

Tidak hanya sebagai kritikus sastra, HB Jassin juga memiliki kebiasaan mendokumentasikan segala hal mengenai sastra di Indonesia. Mulai dari naskah tulisan tangan asli para pengarang, guntingan berita tentang sastra, surat-menyurat para sastrawan hingga foto para sastrawan dalam berbagai kegiatan sastra beliau kumpulkan sejak tahun 1933. Ini menjadi cikal-bakal terbentuknya Pusat Dokumentasi Sastra HB Jassin yang berada di kawasan Taman Ismail Marzuki, Cikini, Jakarta Pusat.

Karena pengaruhnya dalam sastra Indonesia, pada tahun 1965 di suatu symposium sastra Gayus Siagian memberikan julukan “Paus Sastra Indonesia“ kepada HB Jassin.

Acara ini gratis dan terbuka untuk umum