MENGALIR JAUH

Keroncong Bale Orkes Keroncong Swastika

Rabu, 18 September 2019 Balai Soedjatmoko Solo | pukul 19.30 WIB


September tahun 2019, Keroncong Bale akan menghadirkan Orkes Keroncong (OK) Swastika. OK Swastika yang beralamatkan di Jln. Kana no. 2, Mangkubumen RT 6 RW II Surakarta ini terbentuk sejak tahun 1994. Hingga sampai sekarang setiap hari rabu malam teman- teman Swastika memiliki agenda rutin kumpul dan latihan bersama.

OK Swastika yang pernah beberapakali pentas di dalam maupun luar negeri ini memiliki semboyan, “Sinubyung winasis ambangun seni tumuju ing kaendahan adi“ yang artinya berkontribusi serta didukung oleh para pemusik handal untuk menciptakan seni yang tinggi. O.K Swastika sampai sekarang masih setia menekuni jalur tradisi pada musik keroncong, serta melakukan inovasi dalam tataran wacana serta praktik ekspresi bermusiknya.

Kali ini lagu-lagu yang akan dinyanyikan pada Keroncong Bale bertemakan alam, khususnya air yang terwadahi pada sungai, telaga/waduk, lautan dan air terjun. Judul lagu tersebut meliputi Bengawan Solo, Telaga Sarangan, di Tepinya Sungai Serayu, Sungai Barito, Tirtonadi, Ombak Samudera, Air Laut, Air Terjun Tawangmangu, Telaga biru dan Waduk Gajah Mungkur.

Lagu-lagu yang telah dipilih ini menggambarkan betapa besarnya peran air menjadi sumber kehidupan bagi manusia dan makhluk lainya di Bumi. Alam raya sangat bergantung atas ketersediaan air, sumber daya air yang Allah karuniakan di alam raya ini jumlahnya terbatas. menjadikan kita harus belajar, menjaga serta merawatnya. Karena Keterbatasan ini yang diharapkan manusia pandai untuk mengelolah dan mengaturnya agar bisa digunakan dengan sebaik-baiknya bagi kehidupan manusia dan makhluk lainnya.

agenda acara bulan ini
  • Orkes Keroncong Bali Nada

    Orkes yang pernah masuk dalam lima besar kategori kelompok keroncong terbaik di Kota Solo ini, lebih mengedepankan permainan keroncong dengan format asli. Pemilihan penggarapan dengan melestarikan lagu sesuai versi aslinya ini telah menjadi komitmen bersama para personel Bali Nada.

  • IMAJINARIUM

    Imajinarium, adalah ruang atau tempat yang terjadi sebagai hasil dari manifestasi pikiran dan perasaan seseorang. Imajinarium, sebuah sebutan kelompok yang digunakan sebagai ruang untuk berimajinasi demi mewujudkan karya-karya yang dianggap musikal maupun non-musikal.

  • CILPAA Creativity, Innovative, Learn, Productive of Art in Ability

    Teknologi memiliki peran penting dalam menunjang kemajuan di dunia pendidikan. Hal ini bisa dibuktikan dengan banyaknya negara yang berlomba-lomba menciptakan sebuah teknologi untuk mempermudah kehidupan manusia terutama pada bidang pendidikan. Teknologi yang sering mengalami pembaruan dari masa ke masa salah satunya adalah teknologi digital. Peran teknologi digital dalam dunia pendidikan sangat berpengaruh khususnya dalam aktivitas belajar.