LaguPuisi

SENANDUNG KATA #2

Sabtu, 24 Agustus 2019 Bentara Budaya Yogyakarta | pukul 19.30 WIB

Bersama Benang Merah


Lagu Puisi merupakan kegiatan Bentara Budaya Yogyakarta bersama dengan komunitas sastra di Yogyakarta yang menampilkan lagu-lagu berdasarkan puisi. Mengawali tahun 2019 lalu BBY bersama-sama dengan kawan-kawan dari kampus UGM, Sanata Dharma, dan Universitas Ahmad Dahlan memulai kegiatan Lagu Puisi. Untuk kali ini Lagu Puisi mencoba menghadirkan kawan–kawan yang tidak berasal dari kampus, mereka ini para seniman yang memiliki perhatian pada puisi, dan menampilkan dalam bentuk lagu. Puisi yang dinyanyikan kadang puisi yang tidak pernah dipublikasikan, namun puisi-puisi itu lebih hidup bila dinyanyikan.

Beragam bentuk lagu puisi akan ditampilkan, dari puisi tentang asmara, puisi tentang kehidupan sosial, dan puisi-puisi yang menggambarkan kehidupan sehari-hari. Lagu Puisi sebagai ruang berekspresi sebisa mungkin menerima keragaman karya-karya dari para seniman.

agenda acara bulan ini
  • Jazz Mben Senen

    Jazz Mben Senen (JMS) yang diselenggarakan secara rutin setiap minggu pada hari Senin malam di pelataran Bentara Budaya Yogyakarta (BBY) diniatkan untuk lebih memasyarakatkan jazz sebagai salah satu jenis musik yang cukup populer di Indonesia. Sebagai sebuah pertunjukan musik jazz yang sudah berlangsung selama sepuluh tahun, JMS telah dikenal luas tidak hanya oleh masyarakat Yogyakarta.

  • GRENG

    Pada 100 Tahun Widayat: Ada dua warisan estetis yang ditinggalkan oleh pelukis Widayat (1919-2002) untuk penghayat seni rupa Indonesia--utamanya Yogyakarta, yaitu lukisan “Dekora Magis“ dan “Greng“.
    Yang pertama adalah karya seni rupa, benda budaya, dan obyek artistik yang memampukan Widayat terpandang sebagai salah satu pelukis Indonesia terkemuka pasca generasi Affandi, Hendra Gunawan, dan S. Sudjojono.