KOMPETISI KARYA MAHASISWA FSRD ISI SURAKARTA

Pameran Seni Rupa

11 Agt 2016 ~ 16 Agt 2016 Balai Soedjatmoko Solo | 19:30 WIB

Pembukaan : 11 Agustus 2016, pkl 19:30 WIB
Pameran : 12 – 16 Agustus 2016, pkl 09:00 – 21:00 WIB


Seni Rupa ISI Surakarta berawal dari berdirinya Jurusan Kriya Sekolah Tinggi Seni Indonesia (STSI) Surakarta, dan kemudian berkembang menjadi Fakultas Seni Rupa Desai (FSRD) ISI Surakarta. Dari satu jurusan menjadi satu fakultas yang terdiri dari beberapa prodi seperti Seni Murni, Kriya Seni, Televisi, Deskomvis, Fotografi, Batik dan Keris. Perkembangan dalam lima tahun terakhir menjadikan Seni Rupa ISI Surakarta mewarnai dinamika Seni Rupa di Kota Solo.

Saat ini FSRD ISI Surakarta menempati Kampus II di Mojosongo yang terpisah dari kampus utama di Kentingan. Perpindahan ke kampus yang luas dan representatif menjadikan FSRD ISI Surakarta lebih konsentrasi dalam proses perkuliahannya. Untuk melihat lebih jauh perkembangan perkuliah di FSRD ISI Surakarta maka diadakan kompetisi setiap program studi khusus untuk mahasiswa, dan hasil dari kompetisi tersebut akan dipamerkan di Balai Soedjatmoko mulai tanggal 11 Agustus sampai 16 Agustus 2016.

Pameran ini sekaligus wujud pertanggungjawaban ISI Surakarta pada masyarakat umum secara langsung, karya – karya mahasiswa yang ada akan mendapat apresiasi , dan tanggapan langsung masyarakat Solo. Tanggapan masyarakat bisa menjadi bahan pertimbangan ISI Surakarta untuk tidak berada dalam posisis mercusuar sebagai lembaga pendidikan tinggi seni.


agenda acara bulan ini
  • SERAT WIRA ISWARA-GANDRUNG ASMARA

    Serat Wira Iswara adalah termasuk karya besar ISKS. Pakoeboewono IX. Sesuai dengan namanya wira, wara, warah, yang artinya ajaran, petuah; Iswara artinya raja. Jadi Wira Iswara adalah ajaran atau petuah yang disampaikan oleh raja, dan karena isinya maka serat ini dapat digolongkan sebagai karya sastra tutur atau sastra ajar. Serat Wira Iswara adalah merupakan kompilasi atau kumpulan dari berbagai karya beliau, di antaranya Serat Gandrung Asmara, Serat Gandrung Turidha, Serat Wulang Rajaputra, Serat Wulang putri, dan sebagainya.

  • WELAS ASIH

    Dalai Lama dalam khutbahnya: “Agama apa pun yang bisa membuat Anda Lebih welas asih, lebih berpikiran sehat, lebih objektif dan adil, lebih menyayangi, lebih manusiawi, lebih punya rasa tanggungjawab, lebih beretika, agama yang punya kualitas seperti yang saya sebut adalah agama terbaik,"

  • #INDONESIA

    Beberapa tahun ini dengan berkembangnya sosial media sebagai alat komunikasi yang efektif dan mendunia dalam menyampaikan aspirasi, ide, opini, dan sebagainya, semakin banyak hal positif yang muncul terutama dalam memudahkan relasi antar personal tanpa terpisah jarak dan waktu.