KOMIK PIKOLO#4

Diskusi & Launching | Olah Raga dalam Gambar dan Cerita

Jumat, 14 Februari 2020 Balai Soedjatmoko Solo | pukul 15.30 WIB

Olah Raga dalam Gambar dan Cerita
(Ikatan Komikus Solo)
Kompilasi Komik Solo
Jumat, 14 Februari 2020 | Pukul 15.30 – 21.00 WIB 

Bentara Budaya Solo dan IKILO (Ikatan Komikus Solo) bekerja sama mengadakan obrolan bersama tentang komik di kalangan anak muda Solo. IKILO (Ikatan Komunitas Solo), merupakan wadah berkumpulnya komikus se-Solo raya, yang didirikan pada 5 Juli 2015, anggota sudah mencapai 30-an orang. Beberapa karya komikusnya sudah masuk ke penerbit mainstream. Sebagian fokus membuat komik indie, cetak mandiri serta membuat komik yang diunggah ke platform komik digital. Sedangkan acara yang diadakan sendiri adalah acara tahunan Kosasih Day, Jamstrip bareng, diskusi komik pada saat ulang tahun IKILO dan membuat komik bersambung di media sosial. Di tahun 2017 IKILO berkesempatan mengadakan pameran dengan judul “Kebangsaan“ .Selain itu masih ada acara dari anggota IKILO seperti workshop komik janur dan launching komik superhero.

Hingga hari ini IKILO sudah melahirkan lima komik indie. Komik yang berhasil IKILO bukukan adalah “PIKOLO #1“, “PIKOLO #2, PIKOLO #3, “Rajamala MencarI Cinta“, “Dolanan Bareng Rajamala“. Dua komik terakhir merupakan komik berwarna. Selain empat komik tersebut masih ada beberapa komik pribadi milik anggota IKILO yang berhasil dicetak sendiri seperti “Jodoh Bukan di Tangan Pacar“ karya Dody YW, “Jimi Imi Imi, Sukses Menerima Cobaan Hidup“ karya Rochmat NR, “Penting Gak Penting“ karya Arum S, “Janur“ karya Ari Sigit, “Sebelum Nikah“ karya Suryo, “Anomen“ Karya Bezita dan sebagainya.

Gayung bersambut, bertepatan dengan produk regulernya "PIKOLO" (Kompilasi Komikus Solo), kali ini menggelar sekaligus meluncurkan komik kompilasian tersebut. Dengan tema yang berbeda dengan tema-tema sebelumnya. Tema PIKOLO #4 adalah Olahraga, tema yang menampilkan banyak pelajaran bermakna, tentang kerja keras, rivalitas, menjujung sportivitas, jatuh bangun mengejar prestasi mengukir sejarah mengharumkan negeri. Mengajak masyarakat mencintai olahraga karena olahraga sangat penting bagi kesehatan jasmani kita. Komik kali ini bisa dinikmati semua kalangan mulai dari anak-anak, remaja dan dewasa.