KARAWITAN TRIDARMA

Klenengan Selasa Legen Dari Sanggar Seni Tridarma Laweyan, Surakarta

Senin, 11 November 2019 Bentara Budaya Solo | pukul 19.30 WIB

Sanggar Seni Tridarma, dari Yayasan Tridarma yang bergerak dibidang pendidikan guru ini beralamat di Gang Anggur 3 No 7 Kelurahan Jajar, Kecamatan Laweyan, Kota Surakarta. Yayasan yang didirikan oleh Bp. Samsi Trisnoutomo (alm) pada 11 April 1972, lebih kurang 100 remaja bergabung untuk berlatih menarikan tarian tradisional Jawa. 1976, penyediaan seperangkat gamelan untuk kegiatan ekstrakurikuler memperkaya pilihan bidang pelatihan. 

Pada perkembangannya, aturan pemerintah yang mengharuskan guru memiliki legalitas S1 membuat Yayasan Tridarma tutup buku tahun 1998. Bersyukur, dengan diketuai Aris Pribadi juga atas dukungan dari Suripto Hadimartono dan Wagiyo, gamelan tersebut tetap dapat dimanfaatkan untuk berlatih kesenian karawitan lengkap dengan dipadukan pelatihan pedalangan. Bagi masyarakat umum yang ingin bergabung, dipersilakan datang pada jadwal latihan karawitan rutin pada setiap hari Senin dan Jumat pukul 21.00 WIB di sanggar.

Pada beberapa kesempatan, latihan rutin yang berujung pementasan juga pernah diselenggarakan  baik pada hajatan pernikahan, pementasan wayang kulit, dan siaran radio RRI. Selanjutnya, pementasan akan diselenggarakan di pelataran Bentara Budaya Solo – Balai Soedjatmoko tanggal 11 November 2019 mendatang.

agenda acara bulan ini
  • Orkes Keroncong Bali Nada

    Orkes yang pernah masuk dalam lima besar kategori kelompok keroncong terbaik di Kota Solo ini, lebih mengedepankan permainan keroncong dengan format asli. Pemilihan penggarapan dengan melestarikan lagu sesuai versi aslinya ini telah menjadi komitmen bersama para personel Bali Nada.

  • IMAJINARIUM

    Imajinarium, adalah ruang atau tempat yang terjadi sebagai hasil dari manifestasi pikiran dan perasaan seseorang. Imajinarium, sebuah sebutan kelompok yang digunakan sebagai ruang untuk berimajinasi demi mewujudkan karya-karya yang dianggap musikal maupun non-musikal.

  • CILPAA Creativity, Innovative, Learn, Productive of Art in Ability

    Teknologi memiliki peran penting dalam menunjang kemajuan di dunia pendidikan. Hal ini bisa dibuktikan dengan banyaknya negara yang berlomba-lomba menciptakan sebuah teknologi untuk mempermudah kehidupan manusia terutama pada bidang pendidikan. Teknologi yang sering mengalami pembaruan dari masa ke masa salah satunya adalah teknologi digital. Peran teknologi digital dalam dunia pendidikan sangat berpengaruh khususnya dalam aktivitas belajar.