FREEDOM AND UNITY

NgeBluejazz

Kamis, 15 Agustus 2019 Balai Soedjatmoko Solo | pukul 19.30 WIB

JB Trio, Aries and Friends, WB Blues Genk, MBGroup-Lampung

ngeBLUEJAZZ edisi Agustus bertepatan dengan bulan "kemerdekaan" HUT negara Republik Indonesia, yang akan mengusung tema kebangsaan nasional Indonesia. Menampilkan 4 grup band, blues dan jazz  yang akan menyajikan lagu-lagu nasional dalam arransemen Blues dan Jazz. 

Adapun jika dilihat dari sisi sejarah perkembangan lahirnya musik Blues dan Jazz tak lepas dari sebuah reaksi kaum minoritas "tertindas" kulit hitam di Amerika pada saat itu dalam bentuk musikal terhadap penindasan kaum kapitalis dan rasis. Musik-musik blues yang kemudian berkembang menjadi jazz pada awalnya merupakan bentuk ungkapan para musisi yang menginginkan kemerdekaan, kemerdekaan untuk hidup dan berkarya. 

"FREEDOM AND UNITY" tajuk pada ngeBLUEJAZZ bulan ini,  menyajikan lagu-lagu kebangsaan selain untuk menyampaikan dan menyentuh jiwa nasionalisme masyarakat, juga untuk menunjukkan bahwa dua genre yang berbeda bisa disatukan (guyub) dalam satu panggung, serta kebebasan berkreatifitas dalam mengolah arransemen lagu-lagu nasional menjadi Blues dan Jazz. Sekaligus sebagai sebuah pesan kepada seluruh masyarakat Indonesia, usai gulat politik ini, saatnya dirajut kembali menjadi satu bangsa Indonesia.

Begitu pula komunitas musik di kota Solo dengan beragam genre, khususnya komunitas Blues (BBS) dan Jazz (Sojazz) lewat panggung ngeBlueJazz, juga akan berkolaborasi menyatukan musikalitas masing-masing (blues & jazz) menyajikan beberapa lagu.

agenda acara bulan ini
  • Orkes Keroncong Bali Nada

    Orkes yang pernah masuk dalam lima besar kategori kelompok keroncong terbaik di Kota Solo ini, lebih mengedepankan permainan keroncong dengan format asli. Pemilihan penggarapan dengan melestarikan lagu sesuai versi aslinya ini telah menjadi komitmen bersama para personel Bali Nada.

  • IMAJINARIUM

    Imajinarium, adalah ruang atau tempat yang terjadi sebagai hasil dari manifestasi pikiran dan perasaan seseorang. Imajinarium, sebuah sebutan kelompok yang digunakan sebagai ruang untuk berimajinasi demi mewujudkan karya-karya yang dianggap musikal maupun non-musikal.

  • CILPAA Creativity, Innovative, Learn, Productive of Art in Ability

    Teknologi memiliki peran penting dalam menunjang kemajuan di dunia pendidikan. Hal ini bisa dibuktikan dengan banyaknya negara yang berlomba-lomba menciptakan sebuah teknologi untuk mempermudah kehidupan manusia terutama pada bidang pendidikan. Teknologi yang sering mengalami pembaruan dari masa ke masa salah satunya adalah teknologi digital. Peran teknologi digital dalam dunia pendidikan sangat berpengaruh khususnya dalam aktivitas belajar.