CILPAA Creativity, Innovative, Learn, Productive of Art in Ability

Festival Seni

Jumat, 29 November 2019 Bentara Budaya Solo | pukul 19.30 WIB

Pertunjukan Tari, Musik dan Pameran karya Seni Rupa Anak Bangsa
Pagelaran Wayang Lakon Dewa Ruci oleh Dalang Halilintar Cokro Padnobo
Pagelaran Tari oleh AMK


Teknologi memiliki peran penting dalam menunjang kemajuan di dunia pendidikan. Hal ini bisa dibuktikan dengan banyaknya negara yang berlomba-lomba menciptakan sebuah teknologi untuk mempermudah kehidupan manusia terutama pada bidang pendidikan. Teknologi yang sering mengalami pembaruan dari masa ke masa salah satunya adalah teknologi digital. Peran teknologi digital dalam dunia pendidikan sangat berpengaruh khususnya dalam aktivitas belajar. 

Manfaat kemajuan teknologi digital dalam bidang pendidikan bagi guru, peserta didik, dan staf karyawan di antaranya adalah: a) dapat memanfaatkan akses dengan mudah dan cepat dalam mencari suatu informasi b) dapat menjalin komunikasi dengan orang lain khususnya untuk mencari informasi yang bermanfaat. dan c) dapat menginternalisasikan suatu gagasan pikiran dalam bentuk teks, grafik, suara maupun gambar. Mencermati fenomena di atas, pendidikan tidak lagi didefinisikan sebagai sebuah proses transfer pengetahuan dari pendidik kepada peserta didik akan tetapi lebih dari itu, kita sedang mengalami apa yang disebut era digitalisasi pendidikan. Dalam era teknologi digital, peserta didik maupun guru memiliki keleluasaan dalam mempelajari kesenian. Berbagai hal positif yang dapat diperoleh melalui teknologi digital, diantaranya: siswa dapat mencari informasi tentang kesenian apapun dari belahan negara manapun, dapat mengasah daya kepekaan dan kreatifitasnya dalam bidang seni yang mereka minati. 

Melalui kegiatan ini generasi muda dapat mengungkapkan ekspresi jiwa dan pikiran mereka melalui karya. Kegiatan ini diharapkan mampu menjadi media pembelajaran dan pengalaman menjadi seorang seniman, apresiator, dan kreator. Berdasarkan paparan di atas, para mahasiswa Universitas Sebelas Maret Surakarta Program Pascasarjana Program Studi Pendidikan Seni khususnya Semester 2 mempunyai harapan besar agar kegiatan ini dapat direncanakan dan diselenggarakan dengan baik. Mengajak semua pihak untuk berpartisipasi guna menyukseskan acara tersebut.

agenda acara bulan ini
  • Orkes Keroncong Bali Nada

    Orkes yang pernah masuk dalam lima besar kategori kelompok keroncong terbaik di Kota Solo ini, lebih mengedepankan permainan keroncong dengan format asli. Pemilihan penggarapan dengan melestarikan lagu sesuai versi aslinya ini telah menjadi komitmen bersama para personel Bali Nada.

  • IMAJINARIUM

    Imajinarium, adalah ruang atau tempat yang terjadi sebagai hasil dari manifestasi pikiran dan perasaan seseorang. Imajinarium, sebuah sebutan kelompok yang digunakan sebagai ruang untuk berimajinasi demi mewujudkan karya-karya yang dianggap musikal maupun non-musikal.