CAMPUR SAYANG

Musik Imlek (Campur Sari YangKhim)

Kamis, 30 Januari 2020 Bentara Budaya Solo | pukul 19.30 WIB

Kerjasama Bentara Budaya Solo & Perkumpulan Masyarakat Surakarta (PMS)


Perkumpulan Masyarakat Surakarta (PMS) adalah organisasi sosial kemasyarakatan yang berdiri sejak 1932 dengan kegiatan memberikan pelayanan kepada masyarakat umum, mulai dari pelayanan pemakaian gedung untuk pernikahan, jasa pelayanan kematian, penyediaan sarana/pembinaan olahraga dan pembinaan/ latihan kesenian.

Bidang Kesenian yang diwadahi oleh PMS adalah Band, Keroncong, Campursari, Yang Khim, dan Gamelan serta berperan aktif dalam pengembangan kegiatan seni. 

Musik Yang Khim adalah musik tradisional Tionghoa dan musik Campursari adalah musik tradisional Indonesia. Keduanya dibina oleh PMS dengan tujuan melestarikan kesenian tradisi leluhur, PMS melakukan kolaborasi dua bentuk seni musik tradisional itu untuk menggambarkan semangat gotong royong dan Bhineka Tunggal Ika sehingga dalam rangka Hari Raya Imlek, paduan dua seni musik tradisional tersebut dapat menggambarkan jiwa persatuan dan kesatuan. 

Kolaborasi ini dipopulerkan dengan nama “CAMPUR SAYANG“, perpaduan antara Campursari dan Yang Khim, wujud perpaduan dua budaya yang harmonis dalam nada-nada indah.