BOUNDARY OF FREEDOM

Pameran Karya Pemenang Kompetisi International Trienal Seni Grafis Indonesia V 2015

Selasa, 05 September 2017 Bentara Budaya Jakarta | 19.30 WIB

Pameran berlangsung: 5 - 12  September 2017   |   Pukul 10.00 - 18.00 WIB


Puritip Suriyapatarapun dari Bangkok, Thailand, adalah pemenang II Kompetisi Internasional Trienial Seni Grafis Indonesia V 2015 yang digelar oleh Bentara Budaya. 

Kompetisi Trienal Seni Grafis diselenggarakan oleh Bentara Budaya sejak tahun 2003. Kompetisi digagas sebagai upaya terus menggalakkan seni grafis konvensional  di Indonesia. Pada tahun kelima, yaitu pada tahun 2015, kompetisi dibuat berskala internasional.

Bentara Budaya berharap kompetisi pameran grafis ini pada waktu mendatang dapat menjadi salah satu parameter perkembangan dan kualitas seni grafis Indonesia. Trienal Grafis  V 2015 diikuti seniman grafis dari  20 negara, yaitu Amerika Serikat, Argentina, Australia, Belgia, Brasil, Bulgaria, Kanada, Italia, India, Indonesia, Jepang, Jerman, Malaysia, Mesir, Polandia, Puerto Rico, Spanyol, Swedia, Thailand,  Turki.

Karya Puritip terpilih sebagai Pemenang II oleh para juri yang terdiri dari Aminudin TH Siregar, Tisna Sanjaya, Bambang Bujono, Devy Ferdianto, dan Syahrizal Pahlevi.

Karya Puritip yang dipamerkan di Bentara Budaya ini terpilih dalam kompetisi Trienal Grafis V merujuk pada tema kompetisi “Dunia dalam Karantina“. Tema besar tersebut berangkat dari sejumlah permenungan, antara lain tentang dampak globalisasi pada kehidupan. Globalisasi, seperti dicatat para juri, bisa berarti juga bahwa pencarian-pencarian bentuk masyarakat ideal dikhawatirkan terlah berakhir.

agenda acara bulan ini
  • Festival Kopi

    Festival kopi ini merupakan rangkaian dari EKSPEDISI KOPI KOMPAS yang mengangkat kekayaan ragam kopi yang tumbuh dan dirawat oleh kebudayaan-kebudayaan lokal di Nusantara. Setiap jenis kopi memiliki cerita maupun sejarahnya tersendiri dan festival ini dihadirkan sebagai wujud kebanggaan kita terhadapnya sekaligus memberi semangat dalam memajukan dunia perkopian nasional.

  • Festival Fotografi Kompas

    Tahun 2018 ini merupakan momen olahraga penting bagi bangsa Indonesia. Untuk kedua kalinya sejak 1962, Indonesia akan menjadi tuan rumah pesta olahraga terakbar di Asia, Asian Games. Masyarakat berharap Asian Games yang akan dihelat pada 18 Agustus sampai 2 September 2018 itu bisa menyamai prestasi Indonesia di Asian Games 1962. Kala itu, Indonesia keluar sebagai juara kedua perebut medali emas terbanyak setelah Jepang.