BENTARA MUDA BALI

GOES TO CAMPUS #5

Sabtu, 08 Desember 2018 Bentara Budaya Bali | pukul 10.00 WITA

Tempat: Kampus UNHI Denpasar, Jl. Sanggalangit, Tembau, Denpasar

Setelah sebelumnya berkunjung ke Universitas Udayana dan IKIP PGRI Bali, serta menjalin kerja sama dengan beragam UKM dari berbagai Universitas, baik Bali maupun luar,  Bentara Muda Bali Goes to Campus kali ini mengagendakan anjangsana ke kampus Universitas Hindu Indonesia (UNHI) Denpasar. Sebagaimana terduhulu, akan diketengahkan sosialisasi program Bentara Budaya, terutama terfokus pada generasi muda. Akan dihadirkan tayangan film dokumenter terpilh dan arsip program BBB guna membangun pemahaman lebih mendalam perihal Bentara Budaya Bali sebagai lembaga seni budaya yang didedikasikan oleh Kompas Gramedia. Kegiatan ini bekerja sama dengan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) UNHI Denpasar. Agenda ini selaras pula upaya alih pengetahuan sebagaimana selama ini diniatkan melalui agenda Kelas Kreatif Bentara.

Bentara Muda Bali Goes to Campus menyasar langsung kampus-kampus atau perguruan tinggi maupun institut melalui kerjasama dengan Unit Kegiatan Mahasiswa, Himpunan Mahasiswa maupun Badan Eksekutif Mahasiswa terkait. Selain ke kampus-kampus, Bentara Muda Bali juga memprogramkan kunjungan dan sosialisasi ke sekolah-sekolah (SMA/SMK) secara berkala. Program ini diniatkan mendorong terciptanya pergaulan kreatif bagi generasi muda selaras minat dan bakatnya, seturut upaya membangun budaya membaca buku bermutu juga mengapresiasi film-film pilihan.

Sebelumnya, Bentara Muda Bali Goes to Campus telah hadir dan menyelenggarakan berbagai program kreatif serta sosialisasi, di antaranya bekerjasama dengan Udayana Science Club dan BEM FISIP Universitas Udayana (April 2018), LPM Kanaka Universitas Udayana (April 2018), HMPS Sastra Indonesia Fakultas Ilmu Budaya Universitas Udayana (Oktober 2018) serta Senat FPBS IKIP PGRI Bali (November 2018). Selain itu, Bentara Budaya Bali juga sempat bekerjasama dengan Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) Singaraja, Fakultas Seni Rupa dan Desain ISI Denpasar, Jurusan Film dan TV ISI Denpasar, Jurusan Fotografi ISI Denpasar, Tim Jurnalistik Maestro Fakultas Teknik Universitas Udayana, Persma Linimassa Universitas Udayana, Persma Akademika Universitas Udayana, Udayana Science Club, BEM Fakultas Kedokteran Universitas Udayana, BEM PM Universitas Udayana, STMIK STIKOM Bali, Alfa Prima, Institut Hindu Dharma Negeri (IHDN) Denpasar, Papua Centre FISIP Universitas Indonesia, Universitas Negeri Surabaya, dll.

agenda acara bulan ini
  • JAIS DARGA NAMAKU

    Bila menyimak buku “Jais Darga Namaku“, seketika kita tergoda, apakah ini sebuah autobiografi, sekadar memoar yang disajikan dengan gaya novel, ataukah sebuah roman, bauran antara fakta dan fiksi yang mengisahkan secara utuh menyeluruh perihal sosok terpilih? Buku ini mengetengahkan latar belakang kehidupan keluarga menak Sunda, dunia anak muda Kota Bandung 1970-an, hingga bisnis seni rupa di Paris, London, Amsterdam, New York, Singapura, dan Hongkong, buku ini mengisahkan perjalanan hidup seorang perempuan Indonesia dengan seluruh ambisinya. Ambisi yang membuatnya dikenal sebagai Jais Darga atau Madam Darga, seorang art dealer internasional di Paris. Ambisi yang membuat Jais terus mengembara ke banyak negeri jauh, sehingga ia tak bisa lagi membedakan apakah ia sedang “pergi“ atau “pulang“.