Andong Buku #3

SUMILIR

Jumat, 28 Desember 2018 Bentara Budaya Yogyakarta | pukul 19.00 WIB

Pameran berlangsung: 29 – 30 Desember 2018, pukul 09.00-21.00 WIB
Pembukaan: Jumat, 28 Desember 2018 | Pukul 19.00 WIB

Masyarakat berkualitas dan cerdas menjadi impian semua bangsa di dunia. Pendidikan adalah pintu utama menuju peningkatan kualitas masyarakat. Buku merupakan wahana dalam menyelenggarakan pendidikan. Pendidikan dan buku seperti sisi mata uang logam, yang tidak bisa dipisahkan. Karena buku merupakan sumber dari sumber ilmu pengetahuan yang bisa dipelajari siapa saja. Buku senantiasa memberikan kesegaran dan hal-hal baru. Karena buku kita bisa cerdas, dan dengan kecerdasan semua pengetahuan bisa diserap sehingga akan lahir generasi muda yang tidak gagap menghadapi perubahan yang semakin cepat. membentuk generasi cerdas, generasi berprestasi, generasi intelektual.
Kota Yogyakarta yang menjadi “The Spirit of java“, akan sangat memperhatikan kualitas moral dan kecerdasan masyarakatnya. Salah satu  langkah untuk membangun generasi yang berkualitas adalah dengan lebih mendekatkan masyarakat dengan buku. Andong Buku #3 bertema “Sumilir“ merupakan acara launching buku bersama. Acara ini melibatkan para pekerja buku (penulis, penerbit mandiri), perupa, penyair, pemusik, sineas dan pelaku dunia seni gerak. Andong Buku #3 tahun ini tidak hanya melaunching karya literasi namun juga akan mengapresiasi dunia literasi lewat seni. Pula Andong Buku #3 akan ada project audio book yang pada gilirannya akan kami sumbangkan ke saudara-saudara kita tuna netra.
Keterlibatan para perupa, penulis, penyair, dan pemusik dalam Andong Buku #3, baik secara individu maupun komunitas akan mengapreisasi dunia literasi dalam dimensi seni rupa, audio visual, seni teater, dan sebagainya. AC. Tanama, Koskow, Laksmi Shitaresmi, Nurel Javissyarqi, lelaki Budiman, Cak Udin, Adhi Pandoyo, Fariduddin Ghani, Ari Ahmad, Matori Brilian,  dan seterusnya  adalah nama-nama yang ikut terlibat dalam gelaran Andong Buku#3 kali ini. Sementara itu penerbit dan komunitas seni yang sedianya akan terlibat adalah; Penerbit Nyala, SAE, Gelombang, Sastra Sewu, Barasub, Gen Druwo Press, Tan Kiniro, Sanggar Anak Jaman, P3S (Paguyuban Pengajar Pinggir Sungai) dsb. 
Andong Buku #3 kali ini mengambil tema “Sumilir“, tema ini diambil karena keresahan kami terhadap berbagai situasi yang sedang terjadi di Indonesia. Khususnya pada situasi politik di mana banyak peristiwa-peristiwa yang sejatinya mengoyak akal sehat kita sebagai manusia. Bangsa ini membutuhkan sesuatu yang menyegarkan, menyejukkan, dan  menyenangkan tanpa kehilangan daya kritis terhadap situasi yang sedang terjadi.
Andong Buku #3 bertema “Sumilir, kali ini sedianya akan diadakan pada tanggal 28-30 desember 2018, bertempat di Bentara Budaya Yogyakarta.

agenda acara bulan ini
  • Jazz Mben Senen

    Seperti disebutkan dalam akun Jazz Mben Senen yang menyebutkan bahwa “Jazz Mben Senen“ adalah suatu kegiatan yang berfungsi sebagai sarana apresiasi para pecinta kesenian, untuk berkesenian, bercanda, dan berkomunikasi ala jazz,