/ Home / Agenda /
18 May - 30 May 2011
Balai Soedjatmoko Solo
Pameran Jalan Kayu

Seni Kayu Barata Sena

18 – 30 Mei 2011

Barata Sena, kelahiran Solo 22 Maret 1969, yang menamakan dirinya “manusia pejalan kayu”, akan menggelar karya-karya mutakhirnya. Mendapat pendidikan formal pada Jurusan Seni Kriya pada Sekolah Tinggi Seni Indonesia (STSI, sekarang ISI) Surakarta, ia menyeriusi media kayu sebagai ekspresi seni sejak 2004. Dia tidak terpancang pada kriteria karya “seni” atau  “kriya”, namun lebih pada dedikasinya kepada filosofi yang terkandung dalam kayu itu sendiri.

Dari beberapa pameran yang dia adakan, Barata Sena berhasil mengukuhkan eksistensi satu bentuk seni rupa bermedia kayu yang punya pesona tersendiri lantaran kreasinya amat beragam dan nyaris tanpa batas; dari karya “seni” (artwork), karya kriya, hingga berupa mebel atau bahan untuk interior.

Pameran kali ini sebagian mengambil tema “fashion”. Ini lebih merupakan obsesi dia terhadap pernak-pernik yang berhubungan dengan busana sebagai suatu subbudaya. Misalnya, baju kemeja, baju tidur, kebaya, pakaian dalam, kutang yang dipahat dari kayu utuh, juga yang baju terbuat dari kulit kayu, hingga sepatu-sepatu perempuan. Selain itu, juga dipamerkan sejumlah artwork yang bersifat kontemporer.

Affiliasi:
Dewan Kesenian Jakarta Galeri Nasional KELOLA Indonesia Art News
Copyright © 2005 - 2008 Bentara Budaya. All rights Reserved.